10 Tips Dasar Untuk Belajar SEO Bagi Pemula

Jika kita yang baru saja memulai Dasar belajar SEO tentunya kita simak dulu tips 10 Dasar Untuk Belajar SEO Untuk para Blogging Pemula, karena sudah banyak diketahui adalah faktor utama yang wajib diketahui oleh seorang blogger, namun apakah kita sudah tahu apa itu SEO? berikut ini dalam artian yang biasa dikatakan oleh pakar SEO, SEO adalah Meningkatkan kosakata untuk mendapatkan kredibilitas untuk konten itu sendiri, tentu dasarnya dengan fokus pada relevasi. berikut ini 10 istilah penting dalam Belajar SEO :
10 tips belajar seo - buka info

1.Anchor teks

Anchor teks adalah istilah industri SEO untuk teks hyperlink atau dapat disebut juga jangkar untuk link. Anchor text adalah permasalahan yang lazim untuk menemukan link yang menuju ke halaman lainnya, perihal ini sangat membantu untuk meningkatkan peringkat blog kita. hal ini baik sekali untuk mengoptimalkan link teks secara internal selama masih relevan dan tidak berlebihan dan langkah ini dianggap untuk  mendistribusikan  sebagai skema tautan . Praktik terbaik kita harus menjaga anchor text secara alami dalam setiap artikel.
Baca : 4 Faktor yang hars diketahui saat mulai blogging

2.Tag Judul

Tag judul atau judul halaman adalah tag dalam html dilambangkan dengan – TITLE -. Tag judul merupakan judul halaman yang dapat dilihat pada tab di browser kita atau dalam judul  hasil pencarian. Judul tag membantu sekali untuk mesin pencari dan pengguna internet guna mengidentifikasi  halaman blog. Praktik yang terbaik untuk tag judul adalah menciptakan judul yang unik dan yang relevan untuk masing-masing halaman .

3.Deskripsi Meta

Sebuah meta tag  description html tujuannya adalah untuk menggambarkan cuplikan artikel dari halaman blog atau website. Tag deskripsi kadang tidak memiliki efek pada peringkat, namun dapat membantu meningkatkan klik yang muncul dalam hasil pencarian. untuk hal ini disarankan agar deskripsi meta haruslah relevan atau cocok dengan tag judul praktik ini dinamakan strategi SEO onpage.

4.SERP

SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Page. Sebuah SERP merupakan peringkat website atau blog yang berada dibarisan depan hasil dari pencarian. Pada dasarnya ini adalah halaman hasil pencarian. SERP adalah istilah SEO yang diciptakan karena banyaknya halaman kita yang berada dihalaman pencarian.

5.Keyword atau kata kunci

Keyword adalah istilah lain yang digunakan untuk SEO. Sebuah kata kunci atau frase kata kunci adalah kata atau serangkaian kata-kata yang memberikan contoh merek, layanan, atau produk. Kata kunci  sangat penting karena  akan membantu pengguna dan mesin pencari yang lebih baik untuk mengidentifikasi halaman Web. gunakan kata kunci yang relevan dalam tag judul, judul dan seluruh konten dapat membantu untuk memberikan mesin pencari ide yang lebih baik dari halaman blog kita. Hanya saja kita harus berhati-hatilah untuk tidak terlalu sering menggunakan kata kunci karena keyword yang bayak akan dianggap spam oleh mesin crawling.

6.Indexing

Indexing adalah proses mesin pencari ‘untuk mengumpulkan dan menyimpan data di seluruh web. Mesin pencari akan terus-menerus menjelajahi web  untuk mengetahui web yang diperbarui dan akan ditambahkan ke database sebagai informasi mereka. Ketika mesin pencari melakukan dan menemukan yang halaman baru maka mesin ini akan mengindex, ini berarti robot bot akan menambahkan salinan ke database, sehingga nantinya bisa mengambilnya selama pencarian.

7.Links

Ada dua jenis link yang kerap sekali kita mendengar pembicaraan oleh pakar SEO yaitu link Internal dan link eksternal.
Internal link adalah link yang berada diantara halaman dalam website Anda. Sebagai contoh semua link pada bar navigasi situs web kita ini yang dinamakan link internal.
Link eksternal adalah link yang datang atau pergi dari website kita, baik seseorang telah menghubungkan ke situs Web kita atau kita dengan mereka.

Kedua struktur link ini sangat penting, meskipun link yang datang ke website kita ini akan dilihat sebagai sebuah sinyal otoritas. Praktek terbaik untuk link adalah memiliki struktur internal link terorganisir dan nyaman, sehingga baik pengguna dan mesin pencari dapat dengan mudah menemukan halaman kita.

8.Rel = “author”

Google Karangan Markup , juga dikenal sebagai rel = “author” adalah tag yang digunakan untuk menghubungkan penulis dengan profil Google+ . Hal ini membantu untuk menempatkan profile kita dibalik website kita, hal ini dapat membantu meningkatkan klik melalui mesin pencari, mempromosikan kepemilikan web atau blog dapat meningkatkan dihasil pencarain dan juga sebagai sinyal peringkat ke Google.

9.Rel Canonical

URL Canonical atau rel Canonical biasa digunakan dalam kasus-kasus di mana ada duplikat konten. Katakanlah kita menjual produk  dalam beberapa warna yang berbeda dan Anda memiliki halaman untuk masing-masing warna. Mesin pencari tidak akan yakin yang satu untuk di indeks karena mereka semua sama, sehingga dengan menggunakan link kanonik Anda dapat menentukan halaman yang harus didahulukan dalam mesin pencari. Meskipun bukan jaminan tapi ini adalah praktek terbaik bila Anda memiliki beberapa halaman dengan konten yang sangat mirip atau identik.

10.redirect

301 Bila Anda menghapus halaman atau mengubah URL, URL tadi tidak akan bisa merubah semua url yang sudah diindex. Jadi ketika pengguna mencoba untuk mencari URL yang tidak ada, mereka menerima error 404, atau ‘Halaman Tidak Ditemukan’ . Untuk menghindari pengguna yang membingungkan dan untuk menyampaikan otoritas peringkat dari halaman yang hilang, silahkna menggunakan redirect 301. 301 akan mengarahkan pengguna dan mesin pencari dari URL lama ke halaman aktif lain yang bisa kita tentukan.
istilah-istilah ini memberikan pemahaman umum tentang beberapa dasar-dasar SEO .

4 Comments

  1. ppnz
  2. akhi
  3. vie
  4. raditya ariyanto

Leave a Reply