7 Definisi Kriteria Template SEO Friendly

Template merupakan designe tampilan web banyak tersedia template gratis dan template premium namun apakan anda tahu pengaruh template dalam segi SEO, mereka ahli SEO mengatakan kalau pemilihan template harus di perhatikan benar-benar salah menggunakan template maka besar kemungkinan visitor akan susah datang di situs anda, bertepatan dengan kata-kata user friendly memang template mempunyai pengaruh besar dalam hal SEO dan satu lagi tidak jarang para blogger tidak memperhatikan hal ini sehingga kalau di lihat kasat mata memang tampilannya bagus namun dalam struktur meta template tidak angka yang baik pada hal kalau struktur template tidak di betulkan maka kemungkinan besar robot bot akan susah untuk mengcrawling semua kode di template tersebut.

Pemilihan template memang tidak bisa kita pandang sebelah mata terutama struktur meta data dan kecepatan template tersebut. dalam hal SEO kedua hal ini menjadi faktor utama sebelum membahas tampilan template. kalau anda melihat website profesional maka anda akan tahu tampilan di website tersebut mungkin kalau kita lihat simple dan terkesan apa adanya tanpa di tambahi widget-widget yang memberatkan website tersebut. Berikut ini merupakan Kriteria Template SEO yang mungkin bisa anda pertimbangkan:

7 Definisi Kriteria Template SEO Friendly

1. Pemilihan Latar Belakang Template
Yang pertama kesan adalah nomer satu dalam setiap mendesign web dan kalau anda perhatikan latar belakang dari website profesional selalu menampilkan latar belakang yang cerah dan terkesan jelas, inilah ciri template SEO, Latar belakang menjadi faktor yang perlu anda pertimbangkan. mereka pemilik website ternama selalu menggunakan warna putih jelas, kenapa demikian? banyak para ahli SEO mengatakan pemilihan warna cerah sangat di sukai oleh pengunjung blog selain itu juga terkesan elegan. anda bisa contoh dari web-web besar seperti google, facebook, twitter, yahoo, bing dll. mereka menggunakan warna cerah dan terkesan apa adanya.

2. Perhatikan Meta Data
Meta Data atau Meta struktur perlu anda perhatikan dengan baik karena hal ini langsung terpengaruh pada masalah bagaimana robot bot bisa mengcrawling semua konten anda dengan baik, banyak tool-tool online yang di sediakan di internet salah satunya menggunakan tool dari webmaster google, saya sering menggunakan tool dari webmater google agar meta struktur dlam template bisa sempurna dan tidak terjadi error. yang perlu anda perhatikan dari struktur data ini adalah:

1. Breadcumb adalah meta struktur data yang sangat di saran oleh semua webmaster dengan adanya breadcumb spider bot akan mudah untuk menjamah template anda.
2. Meta Header sering sekali para pakar SEO menyarankan untuk membuat meta header yang baik karena robot bot pertama kali melihat header dulu sebelum melihat konten, biasanya meta header meliputi title, meta tag, meta description, meta keyword, rel canonical dan meta robot. untuk itu sebelum anda memilih template lihatlah hal ini.
3. Struktur Meta Pendukung lainnya seperti WPheader, WPblogpost, WPsidebar dan WPfooter sangat di sarankan sekali oleh webmater untuk melihat hal-hal ini anda bisa buka di webmster tool di menu Tampilan Penelusur ⇒ Data Terstruktur

3. Kecepatan Template Blog
Yang ketiga adalah kecepatan loading blog sangat di sarankan kalau anda ingin template anda SEO, dalam hal ini anda bisa cek di webmaster google di sini Tentu anda sudah tahu tujuan dari mempercepat template blog selain akan mudah di muat, blog anda akan sering di singgahi oleh robot bot serta kemungkinan pengunjung tidak akan lari karena blog anda mudah di muat. baca Tips Meningkatkan Crawling GoogleBot

 4. Tata Letak Layout
Tata letak layout harus anda pikirkan sebelum memilih template, banyak sekali saya lihat pemilihan layout yang kurang tepat, mungkin anda pernah berpikir kenapa postingan lebih identik di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan, kalau anda pernah belajar tentang program HTML anda pasti tahu bahwa semua defult dari kode HTML adalah di kiri kalau anda open souce pastinya defult sebelah kiri berada di atas dan tengah, kanan berada di bawahnya, inilah yang meneybabkan kenapa semua website user friendly selalu menggunakan ruangan posting berada di sebelah kiri, definisi inilah semua ahli SEO beranggapan kalau robot bot merangkak dari atas ke bawah, dan tentunya sebagai defult dari kode HTML postingan akan lebih dulu di index oleh spider bot. untuk itu selalu menggunakan ruangan sebelah kiri untuk membuat ruangan konten agar template anda user dengan pengunjung dan user kepada robot.

5. Tidak Banyak Javascript
Pilihan yang ketiga tidak banyaknya javascript pada tempate kaalau anda mempunyai hosting dan bandwith besar ini tidk masalah namun jika bandwith anda pas-pasan kurangi saja script pakailah HTML5 yang lebih ringan untuk mendesign template.

6. Memilih Font User Friendly
Dalam banyak kasus font adalah hal yang serius di perhatikan oleh semua pengguna template, banyak pilihan font dari google namun anda harus lebih berfokus memilih font user friendly saja, gaya tulisan beraneka ragam kemungkinan tidak akan banyak yang suka selain itu pemilihan font kurang user maka berakibat akan memperberat loading blog, anda bisa menggunakan font dasar seperti Arial, Tahoma, Giorgia, Impact dan Verdana. font font ini adalah font defult dari internet sendiri tentu dengan font ini tidak akan memperberat loading blog.

7. Memilih Template Responsive
Untuk menyesuaikan semua pengguna internet pemiliha template responive sangat di perlukan apalagi sekarang banyak para pengguna internet menggunakan ponsel smartphone untuk browsing, google sendiri sebagai mesin pencari terbesar di dunia sangat menganjurkan hal ini seperti ungkapan artikel Manfaat Design Web Responsive Untuk SEO

Itulah 7 kriteria template seo friendly semua ini untuk membuat blog anda bisa ramah dengan pengguna atau spider bot dari mesin pencari. dengan menggabungkan semua elemen di atas maka anda bisa menentukan bagaimana caranya memilih template SEO. semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi anda, happy blogging

2 Comments

Leave a Reply