Apakah Bounce Rate? Apa Efek untuk Blog dan Solusinya?

Istilah bounce rate tentu sudah tidak asing lagi buat pengelola blog atau web. kenapa bounce rate ini sangat berpengaruh dalam dunia seo tentu jawabnnya web tersebut tidak mempunyai otoritas yang baik untuk pengguna atau pengunjung. bisa kita artikan kalau web yang kurang menarik akan semakin tinggi bounce ratenya. sebelum kita bahas solusi tentang bounce rate ini sendiri alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh apa itu bounce rate.

Apakah Bounce Rate?

Bounce rate adalah persentasi dari pengunjung atau visitor ke blog yang hanya mengunjungi hanya satu halaman dan tidak membuka halaman yang lainnya. persentasi ini sangat diperlukan oleh webmater dan seo. samakin tinggi bounce rate yang diterima maka akan semakin buruk website tersebut dimata serch engine. jadi kesimpulannya pengunjung hanya melihat pada satu halaman saja tanpa mau melihat halaman yang lainnya.

Banyak sekali yang mengatakan kalau hal ini sangat buruk bagi populeritas blog atau web. perilaku bounce rate yang konon sangat berdampak bagi seo adalah pengunjung mengeklik tombol back bukan clouse halaman. dengan mengeklik tombol otomatis konten atau artikel kita krang disukai oleh pengeunjung. statistik ini bisa kita lihat di google analytic.

Apa Efeknya kalau Bonce Rate sangat Tinggi Untuk Blog?

Efek yang diterima biasanya untuk web atau blog yang selalu menerima bounce rate akan susah sekali mempunyai posisi serp yang baik, dan satu lagi mungkin karena hanya konten yang kurang bermanfaat bagi pengunjung akhirnya mesin pencari atau webmaster mengecualikan hal ini untuk blog yang kurang menarik.
Apakah Bounce Rate? Apa Efek untuk Blog dan Solusinya?-Buka Info
Untuk menyikapi lebih lanjut tentang bounce rate ini silahkan tanyakan pada diri anda kenapa mereka pengunjung atau visitor bisa meninggalkan blog kita? mungkin jawabannya seperti ini:

  • Mungkin konten anda kurang menarik atau diminati pembaca
  • Mungkin karena pengunjung kurang paham dengan apa yang anda maksud
  • Mungkin konten anda kurang begitu memberi solusi
  • atau Mungkin konten anda hanya simple tidak memberi penjelasn yang perinci

Dari jawaban saya yang diatas mana yang lebih cocok? kalau begitu sekaranglah kita mulai untuk menata hal-hal diatas. mungkin trik dan tips ini akan membantu anda untuk menemukan solusi tentang bounce rate yang tinggi.

konten anda kurang menarik atau diminati pembaca
Hal ini sering sekali dikeluhkan oleh para blogger yang utamanya adalah blogger pemula. konten adalah media sarana dimana dengan konten kita bisa berkomukasi dengan baik di website dengan pengunjung. solusi untuk mengatasi maslah konten yang kurang menarik adalah perkaya pengetahuan anda dalam setiap kali menulis konten. hal yang perlu anda ingat bahwa setiap pengunjung yang datang ke blog kita mencari solusi pemecahan masalah dan juga mencari pengetahuan yang belum dia tahu. untuk hal ini silahkan baca :Membuat Artikel atau Konten Yang Banyak diKunjungi

Pengunjung kurang paham dengan apa yang anda maksud
Hal ini penting sekali harus kita ketahui banyak pakar konten mengatakan “Tulis Konten Anda Dengan Bahasa Yang Baik Dan Benar” apakah anda sudah menulis konten dengan bahasa yang baik dan benar? kalau belum rubah sikap anda untuk menulis konten dengan bahasa yang benar. kalau sekarang anda masih menggunakan bahasa gaul alias bahasa sms harian rubah hal itu. kenapa harus merubah bukannya itu adalah seni dan juga menciptakan konten yang unik? ok… itu unik namun bagi sekelompok orang saja. harus anda tahu bahwa pengunjung blog bukan hanya dari golongan anda namun konten anda akan dibaca oleh banyak orang kalau anda masih berpikir kalau konten anda baik silahkan nikmati bounce rate yang semakin membesar. ingat!!! pengunjung blog bukan hanya dari negara kita sendiri. Baca :Tips Gaya Menulis dari Pakar Penulis Konten SEO

Konten anda kurang begitu memberi solusi
Seperti yang sudah saya bilang diatas setiap pengunjung yang datang kebanyakan mencari solusi dan pengetahuan yang belum dia ketahui. maka dari itu setiap konten yang anda tulis harus mempunyai solusi bagi pengunjung. harus saya tekankan setiap menciptakan konten anda harus selalu memberi solusi agar pengunjung puas dengan apa yang kita tulis. serta beri halaman rujukan yang lainnya agar pengunjung membuka halaman yang terkait dengan postingan anda. hal ini akan mengurangi bounce rate. Baca : Trik Membangun SEO dengan Internal Link Menarik Visitor

Konten anda hanya simple tidak memberi penjelasn yang perinci
Yang terakhir ini adalah sumber dari petakan untuk blog anda. pasalnya artikel yang simple selain tidak disukai oleh pengunjung juga tidak disukai oleh Search engine. pada algoritma google yang baru-baru ini konten yang berkualitas yang kurang dari 600 karakter kurang begitu disukai. solusinya tetap untuk membenahi sikap agar blog kita baik untuk pengunjung dan baik untuk seo.

Kata-kata yang lebih mendasar dari bounce rate adalah kurangnya page view itu yang sedikit kebenarannya. makanya setiap artikel jangan lupa untuk memberi tautan untuk postingan yang terkait. dan juga pasang widget realed post disidebar atau di bawah postingan ini adalah solusi agar blog anda tidak terlalu banyak menerima bounce rate.

13 Comments

  1. Tanti Amelia
  2. bonek
  3. Made Saputra

Leave a Reply