Apakah HTTPS akan Menjadi Bagian dari SEO

Baru -baru ini banyak sekali website migrasi ke HTTPS dan banyak juga pakar SEO mengulas tentang dampaknya setelah kita alih ke HTTPS. faktor yang mempengaruhi SEO untuk saat ini belum begitu terang, namun sebagian besar website google sendiri sudah menggunakan SSL Certificate ini, bukti nyata google sudah migrasi dari HTTP ke HTTPS pada blogger. inilah yang menjadi pembahasan bagi kalangan SEO, pada waktu lalau google mengatakan belum pernyataan yang mengatakan kalau SSL Certificate akan mempengaruhi pada SEO. namun lagi-lagi para pakar SEO tidak begitu yakin yang di katakan oleh Matt Cut salah stau insinyur google yang menangani web spam.

Pada tanggal 6 agustus 2014 google berbicara tentang pengaruh secara signifikan untuk HTTPS hal ini menjadi jawaban atas permasalahan yang dulunya Cut mengatakan di salah satu video webmaster pada bulan mei lalu. pada waktu itu matt cut di beri pertanyaan pada akun twitternya mengatakan bahwa situs yang sudah migrasi ke HTTPS atau SSL Certifikat tidak akan menambah dampak terhadap SEO, inilah pernyataan matt cut beberapa waktu yang lalu, namun pertanyaan itu sudah di libas oleh google sendiri sejak google beralih ke HTTPS.

Mungkin kita belum paham apakan HTTPS? dan untuk HTTPS? sebenarnya pada halaman website ini sudah pernah di bahas untuk itu baca dulu di apakah SSL Certificate? kalau anda sudah paham dengan keterangan pada halaman tersebut, saya akan memperjelas bagaimana HTTPS bisa mempengaruhi untuk SEO:

Apakah HTTPS akan Menjadi Bagian dari SEO

Mengapa HTTPS Menjadi Penting

Google memanggil sinyal ringan dalam peringkat halaman pencarian. Dikatakan dalam pengumumannya bahwa hal itu bisa men-tweak rumus untuk menempatkan lebih beratkan pada hasil dari situs HTTPS. Google di Twitter mengatakan bahwa pengumuman Google pada mesin pencari akan di mulai dari situs yang mempunyai sertifikat SSL yang merupakan situs terpercaya karena mempunyai tingkat sinyal yang paling aman di kunjungi.

Google selalu memiliki permainan untuk perubahannya, apakah itu menghilangkan author markup di hasil pencarian atau mengubah SERP. banyak sekali situs kecil berpendapat perubahan ini seharusnya tidak berlaku untuk mereka karena besar kemungkinan untuk hasil SERP tidak akan tercapai karena situs besar akan lebih dominan di halaman pertama dari pada meraka.

Mengapa situs konten seperti blog perlu aman? Google mengatakan ada dua alasan utama untuk hal ini

  • pertama tentang integritas data dan otentikasi. Jika server tidak aman, selalu ada kemungkinan seseorang bisa mengubah konten Anda pada pembaca.
  • kedua google dan pembaca  ingin mendapat membuktikan bahwa Anda adalah benar-benar seorang penulis konten pada website Anda, bukan seseorang yang menyamar sebagai Anda.

Inilah alasan dari google kenapa SSL Certificate sangat penting.
Bagaimana HTTPS Berdampak Pada Tingkat Pencarian?
Google sendiri telah mengatakan ketika website beralih ke HTTPS dapat mempengaruhi peringkat pencarian. Ini pernyataan bahwa hal itu akan menjadi sinyal ringan dan tidak terlalu signifikan. Namun meskipun situs tersebut sudah mempunyai kepercayaan tentana SSL namun Konten berkualitas tinggi akan terus menjadi jauh lebih penting dari pada keamanan situs.
Google sendiri masih ingin memberikan waktu untuk mengadopsi sertifikat SSL. Jadi sementara ini untuk situs yang sudah migrasi ke HTTP hanya akan berdampak sekitar 1 persen saja dari semua pencarian, namun kita tidak tahu untuk tahun-tahun mendatang apakah benar-benar google memberikan sinyal baik untuk HTTPS atau sebaliknya.
Jadi kita harus cerdas sebelum migrasi ke HTTPS sebelum semuanya benar-benar bekerja Optimal.

Berikut adalah beberapa tips dapat Anda gunakan untuk mendaftarkan situs Anda sesuai dengan push HTTPS Google :

  1. Tentukan jenis sertifikat untuk situs Anda. Anda dapat memilih dari tunggal, multi-domain atau wildcard.
  2. Pastikan Anda memilih sertifikat key 2048-bit.
  3. Jangan membatasi situs HTTPS Anda menggunakan pengecualian pada robots.txt.
  4. Biarkan halaman Anda di indeks oleh mesin pencari seoptimal mungkin.
  5. Gunakan perangkat lunak analisis untuk melacak dari HTTP ke HTTPS.

Untuk saat ini belum ada studi kasus yang mengatakan anda harus migrasi ke HTTPS namun itulah pandangan google tentang situs HTTPS. pada dasarnya google hanya mengambil sebagian kecil dari website kita apakah benar-benar aman untuk visitors atau tidak, sebatas hal ini konten lebih mendominasi untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. perlu saya garis bawahi kalau anda ingin bermigrasi ke SSL Sertifikat tidak anda salahnya jika membaca artikel diatas sebelum anda menentukannya.

4 Comments

  1. oescar
  2. laporpolisi

Leave a Reply