Apakah Keyword Stuffing? Baikkah Untuk SEO?

Kalau mungkin para blogger yang masih belajar seo tentu saja akan dibuat bingung dengan nama-nama keyword dan cara-cara optimasinya. disisi lain kita dianjurkan untuk membuat atau mengoptimasi, disisi lainnya lagi kita tidak boleh mengoptimalkan seo atau keyword yang berlebihan karena berdampak buruk. salah satunya adalah yang sedang saya bahas ini yaitu keyword stuffing. sebelum membahas tentang keyword stuffing alangkah baiknya sobat pahami dulu keyword density yang sudah saya postingkan beberapa waktu yang lalu. hal ini akan menjadi acuan atau barometer tentang keyword stuffing ini dan sebagai perbandingan antara keyword density dan keyword stuffiing.

Apakah Keyword Stuffing Baikkah Untuk SEOKalau dulu saya membahas tentang keyword density adalah pengulangan kata-kata kunci yang berfrase dalam satu artikel atau postingan blog. namun untuk keyword stuffing hampir sama namun yang membedakan adalah usaha memanipulasi atau menyepam rangking pada SERP google (search engine result page google) dengan cara memasukkan keyword yang ditargetkan ke dalam halaman web. mungkin kalau kita pahami akan sama dengan keyword density namun sebenarnya yang dimaksut memanipulasi atau juga mengelabuhi dengan keyword yang dibangun dengan unsur kesengajaan, sebagai contoh pernah kita mengetik di pencarian untuk mencari artikel yang kita cari, setelah kita menemukan dengan yang kita cari kemudian kita klik ternyata halaman postingan tidak ada bahkan artikel yang ada jauh dari kategory atau relevansi yang kita cari. inilah yang dinamakan keyword stuffing. hal ini selain tidak disukai pengguna tentu saja juga tidak disukai oleh mesin pencari.

Praktek ini sangat mengganggu sekali bagi pengguna, ditahun 2011 misalnya praktek-praktek keywrod stuffing ini banyak sekali digunakan oleh website yang berbasis plugin, hingga akhirnya ditahun 2012 setelah munculnya algoritma panda hal ini masih berkurang dengan berlahan, namun setelah google update algoritmanya yang baru yaitu algoritma hummingbird praktek ini sudah kita lihat 99% menghilang diSERP.

Jadi kalau begitu apakah baik untuk SEO praktek keyword stuffing? tentu saja dampanya akan memperburuk bagi blog atau website. hal ini bisa dikatakan hanya menyepam saja tanpa adanya konten yang jauh dari kata relevan. Untuk keyword Density bagaimana? untuk keyword density masih sangat baik sekali untuk membangun seo namun harus kita tahu batas-batas yang baik dan ideal harus selalu diterapkan, jangan sampai kalau kebanyakan atau over akan dianggap spam oleh mesin pencari.

Membangun SEO tidak bisa kita anggap remeh karena terciptanya seo dengan terburu-buru akan berdampak sangat tidak baik. SEO sendiri bukanlah harus dibangun dengan sekilat. namun penerapan trik dan selalu konsisten maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. selalu bereksperiment dengan seo yang sudah ada akan memperkaya pemahaman kita untuk seo dan juga menambah pemahaman kita tentang bagaimana serch engine bekerja dan menambah pemahaman bagaimana sebetulnya algoritma itu. kalau kita menelan mentah-mentah tanpa harus menganalisa setiap perubahan bukannya baik malah akan berdampak buruk untuk website atau blog kita.

Untuk penutup artkel tentang Apakah Keyword Stuffing? Baikkah Untuk SEO? aturan pakai seo adalah dengan yang alami atau natural, tidak ada seo yang instant. pemahaman dan pengalaman kita sangat baik sekali dibanding dengan upaya yang diciptakan dengan tergesa-gesa. masih banyak yang harus kita gali, terciptanya blog atau website yang banyak dikenal bukan dihitung satu atau dua hari. namun bertahun-tahun. kalau mauinstant suruh saja jinnya aladin agar cepat naik ke langit.

6 Comments

Leave a Reply