Apakah Usia Domain Mempengaruhi Peringkat SEO Google?

Beberapa pendapat pakar seo mengatakan kalau usia domain sangat mempengaruhi peringkat SEO Google, benarkah hal itu? ini menjadi fakta penting bagi anda yang ingin memulai untuk mengembangkan website. banyak yang menyarankan bahwa pengaruh usia domain harus lebih dipertimbangkan. seperti yang sudah kami katakan beberapa waktu yang lalu tentang autoritas domain. domain sangat mempenngaruhi di halaman serp. namun perlu dicatatat kalau usia domain merupakan faktor yang harus diperhatikan sebelum anda beranjak untuk memulai bisnis.

Apakah Usia Domain Mempengaruhi Peringkat SEO Google-Buka InfoUmur domain tidak mengacu hanya untuk berapa lama Anda telah memiliki nama domain tersebut, melainkan berapa lama Google mengindeks domain tersebut, Karena sebab itu banyak perusahaan membeli usia domain yang telah diindex google. Tentu saja hal ini karena domain telah terdaftar digoogle. Google sendiri menganggap domain yang sudah lama tentu mempunyai nilai yang berkualitas baik. Dalam kata lain domain yang telah terdaftar selama 10 tahun misalnya namun tidak memiliki otoritas di Facebook misalnya atau tidak ada pernah ditemukan Google adalah domain yang dianggap tidak mempunyai kredibilitas yang baik, jadi bisa dikatakan kalau domain ini adalah domain yang baru.

Seberapa Penting Usia Domain untuk SEO & Peringkat di Google?

Banyak yang memperdebatkan tentang pentingnya usia domain untuk peringkat yang baik, hal ini berlanjut ke pengujian dan pengalaman oleh para profesional SEO yang memberi lukisan atau gambaran yang cukup jelas bahwa usia domain yang lebih tua mempunyai peringkat sedikit lebih baik untuk bersaing diserp. Bahkan Google mengatakan sedikit tentang pentingnya usia domain, karena usai domain menjadi rujukan popularitas yang baik untuk pengguna.

Berikut dasar-dasar yang harus kita ketahui:
Usia domain adalah faktor dalam menentukan peringkat Google dan bagian dari sedikit strategi dalam membangun SEO. Situs yang mempunyai usai domain secara signifikan mendevaluasi untuk beberapa bulan pertama setelah Google pertama kali menemukan mereka. Hal ini sangat mengacu sekali untuk peringkat yang baik untuk berkompetitif dalam beberapa bulan pertama. Bahkan, dari beberapa profesional SEO tidak akan mau bekerja dengan merek domain baru.Menurut Google Matt Cutts, perbedaan antara domain yang berusia 6 bulan dan 12 bulan sangat kecil.
Berikut adalah video dari Google Matt Cutts pada subjek:

Salah satu hal yang sangat penting untuk dicatat di sini adalah bahwa Matt cuts tidak mengatakan bahwa umur domain tidak ada masalah. namun ada beberapa orang yang bersikeras hal tentang hal ini. Pada kenyataannya, Matt Cuts jelas menunjukkan bahwa domain baru akan berjuang lebih giat untuk peringkat dan melanjutkan dengan menyebutkan perbedaan usia antara domain.

“Perbedaan antara domain yang enam bulan vs berumur satu tahun benar-benar tidak besar sama sekali. Selama Kita dapat membuat yakin dan benar bahwa domain anda dapat muncul dalam hasil pencarian.”

Tetapi dengan segala sesuatu pertimbanga di dunia SEO, usia domain hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor dan hal ini tentunya tidak salah satu faktor terbesar (untuk optimasi on-page dan link balik). Domain yang lebih lama pasti akan memiliki sedikit celah, tapi pentingnya usia domain sering menjadi fakta bahwa domain yang lebih tua juga cenderung memiliki backlink lebih banyak dan juga mempunyai backlink yang natural ini dikarenakan bahwa domain sudah bertahun-tahun diindex serta mempunyai otoritas yang baik dari pengunjungnya.

Untuk meyiasati hal ini bagi anda yang masih mengembangkan domain baru saran kami adalah anda harus lebih giat lagi untuk mengoptimasi seo on-page dan juga offpage. karena tanpa anda lakukan kedua hal ini dengan baik kami tidak akan yakin kalau domain anda mampu untuk menerobos ke halaman serp. semoga artikel ini menjadi inspirasi anda yang baru. semoga sukses dan happy blogging.

7 Comments

  1. fery darmawan
  2. Hani

Leave a Reply