Bagaimana Cara Membuat Artikel Pilar

Sering kali kita mendengar tentang artikel pilar dan ternyata artikel pilar memang sangat berperan penting untuk mendeklarasikan artikel-artikel kita yang lainnya, secara garis besar konten atau artikel pilar berperan untuk menolong artikel-arttikel yang lain dalam satu blog atau web dan artikel ini mempunyai kedudukan tinggi dari pada artikel artikel yang lain. sering kali para mania seo mengucapkan bahwa posisi artikel pilar ini haruslah mempunyai posisi yang baik di serp paling tidak harus berada di halaman pertama. yang jadi pertanyaannya apakah bisa artikel pilar kita mendapatkan halaman pertama mesin pencari? tentu saja bisa, namun perlu di kaji lagi bahwa artikel pilar sendiri sebelumnya harus lulus dari beberapa pengujian di antaranya adalah

  1. Panjang artikel
  2. Keyword yang tepat
  3. Penempatan Keyword
  4. Judul artikel
  5. dan Pembahasan yang mendalam (inti pokok dari artikel yang anda bahas dan cara penyelesaiannya)

dari lima unsur di atas adalah cara membuat artikel pilar atau konten pilar. tanpa ada landasan yang tepat tentunya konten pilar tidak akan membuahkan hasil apa-apa, konten pilar sendiri mempunyai kriteria natural tidak anda penekanan dalam istilah keyword atau bahasa kasarnya sering mengulang-ngulang keyword dalam satu artikel. untuk itu jika ingin membuat artikel pilar sebaiknya anda perhatikan dahulu sebelum anda membuat

Bagaimana Cara Membuat Artikel Pilar

Konten Pilar di ciptakan bukan secara instant tapi lebih dari konten biasa yang kita buat, pembahasannya pun sangat mendalam dari awal membuat kata pembuka sampai dalam pembahasan dan terakhir pada penutup. semua ini harus di lakukan secara teliti dan tidak ceroboh. kelima unsur di atas akan saya jelaskan dengan metode saya sendiri. jadi kalau boleh dibilang ini bukan dari kata siapa namun dari pengalaman saya sendiri karena dengan pengalaman saya sendiri, saya lebih bisa menjelaskan dengan leluasa namun kalau saya kutip dari website lain kemungkinan anda sendiri akan menemukan kejanggalan dan kemungkinan besar anda tidak akan mengerti apa yang saya bahas. inilah lima unsur cara membuat konten pilar.

1. Panjang Artikel

Untuk yang pertama saya membahas panjang kata dalam konten atau artikel pilar. yang pasti jika kita membuat artikel pilar tentu saja akan panjang untuk menjelaskannya, jelas dan akurat bukanlah cara terbaik untuk membuat konten pilar, apalagi menyangkut padat. tentu saja tidak akan menggambarkan tentang konten pilar.

Yang namanya pilar bisa anda bayangkan bahwa itu seperti benteng yang kokoh untuk menghalau segala serangan itu sudah pasti, begitu juga dengan konten pilar harus di buat sekokoh mungkin agar tidak di serang oleh musuh dan di telan oleh peradaban. pondasi dan bahan untuk membuat pilar tentunya harus kita teliti dulu sebelum membangun pilar, demikian juga tentang konten kita harus lebih detail lagi sebelum kita menulis. kita harus lebih fokus dari apa yang kita jelaskan mulai dari awal sampai akhir artikel, kalau pilar sendiri mempunyai panjang ideal untuk menghalau semua musuh dari semua jangkauan demikian juga artikel pilar tentu saja harus mempunyai artikel panjang untuk menghalau beberapa kemungkinan mulai dari perubahan algoritma hingga pada keyword yang sering di cari oleh pengguna. ini harus anda pikirkan betul-betul. sebagai saran yang tepat dari saya pribadi dan sudah saya gunakan panjang artikel untuk konten pilar adalah 1500 hingga 2000 kata, ini yang saya gunakan biarpun ada yang bilang 600 hingga 1000 namun kenyataannya masih bisa di robohkan oleh kompetitor kita. ini hanya rekomendasi saya semua terserah anda bagaimana sebaiknya.

2. Keyword Yang Tepat

Untuk cara kedua adalah dengan meneliti keyword yang tepat. banyak tool online yang bisa anda gunakan untuk meneliti keyword. seiring dengan waktu banyaknya tool online untuk mencari keyword sebaiknya gunakan tool keyword planner dari google karena terbukti banyak menggunakan tool ini untuk menembak keyword baik untuk membuat iklan di google adwords atau bahkan untuk menganalisa judul post yang banyak muncul di hasil pencarian dan bekerja dengan baik dan satu lagi tool online lainnya yaitu Google Trend. tool ini sangat berguna sekali untuk melihat berapa banyak orang mencari selama satu minggu ini, bulan ini dan tahun ini. jadi untuk membuat artikel pilar tentunya keyword harus anda analisa terlebih dulu sebelum merancang artikel yang akan anda bahas.

3. Penempatan Keyword

Untuk yang ketiga cara menempatkan keyword pada konten pilar. anda bisa menempatkan keyword pada Judul Post, Url permalink, pada konten di setiap awal paragraf dan pada akhir paragraf namun yang pasti perlu anda ketahui lebih dalam lagi bahwa penempatan keyword yang paling ideal adalah 1% hingga 3,5% pada setiap artikel, kenapa harus di batasi? karena kalau terlalu banyak keyword yang anda tanamkan pada artikel google salah satu mesin pencari terbesar dan mesin pencari yang lain seperti yahoo, bing dan ASK akan mengira bahwa konten yang anda tulis merupakan upaya untuk menipu mesin pencari bahkan google pada algoritma panda 4.0 mengatakan kalau ini sering berlanjut maka keyword yang kita tempatkan bisa di katakan kalau keyword tersebut hanyalah keyword stuffing atau keyword spam. untuk itu sebelum anda melanjutkan untuk membuat artikel pilar sebaiknya anda pahami dahulu yang namanya keyword density, selain untuk menjaga konten ramah dengan pengunjung keyword density juga di sukai oleh mesin pencari.

4. Judul Artikel

Untuk yang ke empat tentang judul, untuk membuat judul sebaiknya menggunakan judul yang kompleks dan sering di cari oleh pengguna internet. ini yang sering dan mungkin sulit untuk di tebak. sejalan dengan perubahan mesin pencari sebaiknya memilih judul yang ideal dan paling umum di ketik. untuk caranya seperti halnya menganalisa keyword, langkahnya hampir sama dengan di atas yaitu dengan bantuan tool online dari google atau tool-tool yang lain.

Sering kali pemilik web atau blog terjebak dengan judul yang mereka tebak, sepertinya judul sangat mungkin untuk di cari oleh pengguna internet namun malah sebaliknya pengguna tidak mengetik apa yang di targetkan. kenapa demikian? perlu anda ingat anda pribadi. itu hanya filing kita bahwa judul ini akan sering di cari namun berbeda dengan kemunculan di mesin pencari, untuk hal ini saya hanya mempunyai saran untuk selalu melihat bagaimana pengunjung datang di website kita menggunakan plugin ranking keyword untuk blogspot bisa melihat pada statistik sumber lalu lintas. alat-alat ini akan memberikan perdiksi judul yang banyak di cari oleh pengguna internet, anda bisa aplikasikan sendiri tentang judul pada statistik pencarian. untuk wordpress jangan lupa untuk mengisntall plugin Jetpark dan aktifkan pada opsi menu statistik ini juga salah satu cara untuk mengetahui bagaimana konten anda di temukan di hasil pencarian.

5. Pembahasan Yang Mendalam

Untuk yang kelima adalah pembahasan yang detail dan mendalam. peranan penting untuk membuat artikel pilar letaknya pada pembahasan ini, sering kali menulis konten atau artikel tidak memperhatikan bahwa pembahasan yang mendalam dan detail sangat di sukai oleh pengunjung, jika pengunjung senang dengan pembahasan yang fear dan detail otomatis mesin pencari juga senang dengan artikel tersebut.

Pembahasan ini meliputi apa yang akan anda bahas, bagaimana caranya membahas, bagaimana efek yang akan di terima, dan yang terakhir bagaimana cara mengantisipasi ini semua atau solusi dari yang anda bahas. kelihatannya mungkin akan rumit sekali namun perlu anda ingat bahwa untuk membuat koten pilar atau artikel pilar tidak instant namun di ciptakan berjam-jam bahkan ada juga berhari-hari. saya rekomendasi-kan untuk membuat artikel pilar sebaiknya pikir dengan masak-masak sebelum anda menerbitkan karena sekali sudah di terbitkan jangan sampai anda rubah hal itu untuk menjaga kredibilitas anda sendiri dan jika anda sering rubah kemungkinan besar mesin pencari akan menurunkan posisi artikel anda dari serp.

Memang kalau anda membaca Bagaimana Cara Membuat Artikel Pilar di atas akan terasa berat namun lihatlah pada efek dari konten pilar, saya tidak menyarankan anda untuk menulis sendiri, namun anda bisa menyewa jasa penulis atau teman anda. tapi kalau anda mampu untuk menulis semua itu sebaiknya anda tulis sendiri karena karya sendiri itu lebih memuaskan dari pada karya orang lain. saya kira sudah cukup yang saya bahas dan semoga bermanfaat untuk anda.

5 Comments

  1. Bang Ali
  2. Supardi Suryaningrat
  3. Ari Kuncoro Mukti
  4. Ronny

Leave a Reply