5 Cara Bikin Kamar Kost Adem Tanpa AC

Banyak anak kost yang cari cara bikin kamar kost adem tanpa AC, terutama buat cewek-cewek yang pada kost di kost putri. Biasanya cewek memang gak betah sama yang namanya gerah. Karenanya, banyak kost putri Malang, kost putri Jogja, atau kost putri di kota-kota lainnya yang menyediakan kamar dengan fasilitas AC. Tapi, banyak juga nih kost putri yang gak dilengkapi dengan AC di dalamnya. Nah, gimana caranya bikin kost adem tanpa AC? Simak tips berikut ini, ya.

1. Pilih Warna Tembok yang Tepat

Warna tembok ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap kesejukan ruangan kost kamu, lho. Kamar kost dengan tembok yang dicat dengan warna gelap biasanya akan terasa lebih sumpek dan panas. Sebaliknya, kamar kost yang memiliki warna tembok cerah seperti warna putih, biru muda, dan hijau muda dapat memberikan perasaan sejuk dan tenang bagi penghuninya. Kamar kost juga akan terasa lebih adem. Kalau tembok kamar kost gak boleh dicat ulang, siasati dengan menggunakan wallpaper.

2. Maksimalkan Ventilasi

Di tiap kamar kost pasti ada ventilasi udara. Jika ruanganmu gak ada AC, ventilasi menjadi memegang peranan penting sebagai pendingin ruangan. Ventilasi akan menjadi celah tempat keluar masuknya udara sehingga udara di dalam kamar kost dapat memiliki sirkulasi yang baik. Karenanya, jangan lupa bersihkan ventilasi udara di kamar. Jangan sampai tertutup oleh debu, kotoran, atau bahkan tertutup barang-barang yang gak penting agar kamar kost adem tanpa AC.

3. Hindari Mengisi Kamar dengan Terlalu Banyak Barang

Hal ini biasanya terjadi pada kamar kost di kost bulanan atau tahunan yang penghuninya berencana tinggal di kosan dalam waktu lama. Kalau di kost harian Semarang, Jakarta, dan lain sebagainya, penghuninya hanya tinggal sebentar sehingga gak perlu bawa banyak barang. Memenuhi kamar kost dengan barang bisa membuat kamar terlihat sumpek. Semakin banyak barang di kamar, akan lebih banyak pula debu yang menumpuk dan mengganggu kesehatan. Sortir baik-baik barang yang akan dimasukkan dalam kamar. Jika tak terlalu penting, titipkan saja di gudang kosan.

4. Matikan Lampu di Siang Hari

Jika kamar kamu dilengkapi dengan jendela, lebih baik buka jendela dan matikan lampu di siang hari. Selain hemat listrik, kamarmu juga akan terasa lebih sejuk. Lampu mengeluarkan panas dan apabila dinyalakan terus-menerus, kamarmu akan terasa panas pula. Hindari juga penggunaan lampu dengan watt yang besar karena semakin banyak pula panas yang dihasilkan.

5. Gunakan Kipas Angin dengan Benar

Tak ada AC maka solusi instan dari para anak kost untuk tetap adem adalah dengan membeli kipas angin. Namun, banyak di antara mereka yang tetap tidak merasa sejuk di kamar meski ada kipas angin. Hal ini karena mereka salah menggunakan kipas angin. Penggunaan kipas angin yang benar adalah dengan cara mengarahkan kipas ke arah dinding yang berlawanan dengan tempat kita duduk atau tidur. Hal ini membuat sirkulasi udara akan menjadi lebih baik.

Nah, sudah tau kan cara untuk menyiasati kamar kost agar tetap adem tanpa AC? Kalau memang dirasa ribet, ya solusi terbaik adalah dengan cara menyewa kamar kost yang sudah memiliki fasilitas AC. Di kota Malang yang udaranya sejuk saja masih banyak kok kost putri Malang murah yang menyediakan AC di tiap kamar kostnya. Selain itu, di kota-kota lain juga pastinya tersedia. Bagi yang ingin menyewa kamar kost secara harian dan ingin tetap ingin ada AC-nya, di kota-kota besar seperti kost kebon kacang tanah abang Jakarta pusat yang menyediakan fasilitas AC. Selamat ngadem, yak!

Leave a Reply