Cara Install Multisite (Subdirectory) pada WordPress

Bagaimana cara install multisite atau subdirectory pada wordpress? saya akan memberikan tutorial lengkap bagaimana caranya install multisite dengan mudah dan gampang langsung dari klien area FTP. inovasi wordpress memang tidak ada hentinya terbukti dengan menggunakan jarigan multisite pengguna wordpress bisa menekan beban hardisk pada hosting bagaimana tidak kalau kita menggunakan subdomain kita harus install semuanya sendiri mulai dari dashbord wordpress, plugin, dan theme namun dengan adanya multisite kita tidak lagi susah karena semua plugin dan theme bisa di kendalikan langsung oleh administrator jaringan, sedangkan hak untuk author hanya mengelola website tanpa harus payah membuat semua itu sendiri, untuk hal ini baca artikel kelebihan dan kekurangan jaringan multisite.

Mari kita mulai untuk membuat jaringan multisite dengan mudah:
1. Sekarang anda masuk ke ke klien area silahkan menuju ke public_html kemudian temukan kode wp-confiq.php kalau sudah anda menemukan file ini silakan buka untuk mengedit, langkah selanjutnya masukkan

 /* Multisite */
 define( 'WP_ALLOW_MULTISITE', true );

tepat diatas kode /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */

2. Kalau sudah anda masukkan script diatas sekarang anda bisa masuk ke dashbord worspress kemudian refresh dashbord anda maka pada pengaturan setting akan nampak menu network setting. namun sebelumnya anda harus matikan semua plugin sebelum melangkah lebih lanjut, ini hanya sementara setelah anda berhasil anda bisa mengaktifkan plugin lagi. lihat gambar di bawah ini.

Cara Install Multisite (Subdirectory) pada WordPress

Untuk memperbesar gambar silahkan klik pada gambar

3. setelah anda matikan semua plugin dan klik pada menu network setup anda akan diminta untuk menyisipkan code seperti gambar yang di tempatkan pada wp-confiq.php dan htacces, lakukan semuanya saperti panduan pada jaringan network. ingat..!! kode yang tadi anda terapkan pada langkah 1 jangan anda hapus biarkan saja anda bisa mnyisipkan kode baru di garis bawah kode anda tadi.

4. Setelah anda sisipkan semua kode yang di minta oleh network setup sekarang anda bisa refresh halaman, maka halaman dashbord anda kemungkinan akan berubah ini berarti anda sudah sukses untuk membuat multisite, lihat gambar dibawah ini.

Cara Install Multisite (Subdirectory) pada WordPress

Anda akan melihat bahwa anda sudah berhasil membuat multisite dengan mudah, namun kemungkinan untuk tahap ini anda masih bingung dengan dashbord baru untuk itu lihat gambar diatas silahkan klik pada menu Network Admin dashbord. kemudian lihat gambar di bawah ini
Cara Install Multisite (Subdirectory) pada WordPress
sekarang anda bisa melihat pada tampilan dashbord diatas untuk membuat site baru dan membuat user baru, untuk membuat site baru anda cukup klik pada menu creat a new site, setelah itu anda akan membuka dashbord untuk membuat subdirectory baru, sebenarnya pada langkah ini anda sudah sukses tinggal adaptasi dengan jaringan baru anda. untuk hal ini saya sarankan pahami dulu kalau memang anda menemui kendala anda bisa berkomentar di bawah postingan ini.

Cara Menambahkan Situs Baru Anda pada WordPress Network Multisite

Untuk menambahkan multisite anda bisa klik menu pada creat a new site seperti yang sudah saya sampaikan diatas, namun anda perlu untuk melihat gambar di bawah ini agar anda lebih jelas.

Menambahkan Situs Baru Anda WordPress Multisite Jaringan
Untuk menambahkan anda cukup klik menu all site ⇒Add new disit anda bisa melihat web utama anda sendiri dan untuk membuatnya klik add new. setelah anda ingin membuat subdirectory maka anda akan di bawa ke halaman seperti di bawah ini.

Menambahkan Situs Baru Anda WordPress Multisite Jaringan

Anda bisa masukkan nama site baru anda pada site address dan masukkan juga judul untuk site baru anda serta add admin baru, anda tidak harus masukkan email anda sendiri anda bisa menggunakan email teman atau partner anda. setelah langkah ini selesai sekarang anda bisa klik add site untuk menciptkan site baru, dan kini anda bisa membuat subdirectory baru atau subfolder untuk site baru. Setelah anda melalui tahap-tahap diatas anda bisa mengaktifkan semua plugin anda dan bisa menginstall theme anda. untuk mengaktifkan fitur theme dan plugin anda.

Mengatasi Masalah WordPress Multisite
Ada beberapa orang setelah menginstall multisite mereka menemui kendala baru namun anda bisa mengatasi hal ini dengan mudah, kendala ini biasa tentang subdomain yang tidak di matikan dari FTP untuk itu anda bisa masukkan script di bawah ini pada file wp-config.php agar subdirectory anda bisa bekerja dengan optimal:

define(‘SUBDOMAIN_INSTALL’, ‘false’);.

NB: untuk proses dari awal kita lancar dan tidak menemui kesulitan anda harus berjaga-jaga untuk membackup semua script yang anda ganti tadi, baik script untuk wp-confiq.php dan .htacces semua harus anda cadangkan kalau ada kegagalan anda bisa mengembalikan seperti semula, namun jangan kawater saya sudah menguji semua tutorial install multisite ini beberapa kali dan hasilnya baik tidak menemukan kendala yang berakibat fatal, yang perlu anda ingat adalah script yang anda tambahkan saja .

22 Comments

  1. Suhendrimr.com
  2. Poetra

Leave a Reply