Cara Melindungi Smartphone dari Infeksi Virus dan Malware

Apakah takut jika Smartphone anda terjangkit malware atau virus? kalau iya inilah solusi Cara Melindungi smartphone dari infeksi virus dan malware, memang perkembangan teknologi internet sudah tak asing lagi untuk saat ini, cara untuk mengaksesnya juga mudah sekali dan juga gampang, dimana kita suka kita bisa membuka, ini terbukti banyaknya pengguna smarphone dan ponsel, namun fasilitas yang sudah gampang ini tentunya banyak orang yang usil untuk mengganggu kita, salah satunya jika kita sering memanfaatkan ponsel atau smartphone untuk internet si penjahat-penjahat cyber selalu memantau kita dengan segala arah, dengan senjata yang dibawanya yaitu virus dan malware otomatis dengan mudah mengambil apa saja dari data yang sudah kita simpan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya 5% dari pengguna Smartphone memiliki program anti-virus yang terpasang pada perangkat mereka. angka ini menunjukkan bahwa penggunga antivirus minim sekali. meski Ada banyak pilihan untuk menginstall antivirus nyatanya tidak begitu mengerti dengan hal ini. Berikut adalah  8 cara yang harus Anda perhatikan agar smartphone anda tetap dilindungi:
Cara Melindungi Smartphone dari Infeksi Virus dan Malware-Buka Info
1. Hati-hati dengan aplikasi  diPlay Store
Play Store ada banyak aplikasi palsu yang dirancang dengan tujuan menginfeksi perangkat Anda dan mencuri informasi pribadi Anda. Beberapa aplikasi yang dirancang hanya untuk mendorong iklan untuk smartphone. Praktik umum silahkan review dulu aplikasi ini berapa banyak penggunanya dan jangan lupa baca semua komentar baik keluhan maupun dukungan.

2. Download Aplikasi di Play Store Yang Resmi
Web Store seperti Google Play, Amazon dan Samsung adalah yang paling terpercaya di pasar Android. Ini bukan hanya karena nilai merek mereka, tetapi juga karena mereka mengikuti praktek-praktek terbaik untuk memantau dan memindai semua program berpotensi penipuan sebelum menempatkan aplikasi dipasaran.

3. Hindari aplikasi bajakan
Jika Anda menyukai aplikasi bajakan, perangkat Anda akan mudah sekali terinfeksi tanpa Anda menyadarinya. Aplikasi bajakan ini umumnya yang paling sering membawa Malware. jadi hindarilah praktek yang tidak aman buat ponsel anda.

4. Jangan Sekali-kali Mengakses Situs P*rn@
Situs Porno adalah sumber yang paling efisien pengiriman malware, Saya tidak bisa menilai atau bahkan memberitahu  Anda apa yang harus dilakukan dengan perangkat Anda tetapi ini sudah terbukti bahwa situs P*rn@ memang paling efisien menginfeksi perangkat Anda dengan malwares. Nah, Anda tahu apa yang harus dilakukan … hati-hati dengan situs yang Anda kunjungi.

5. Hindari Apps Yang Mencurigakan
Hindari semua Apps yang membuat janji-janji besar. Sebelum mendownload apa pun, pastikan Anda membaca apa yang pengguna katakan tentang hal apps ini. Saya sering menilai kualitas sebuah aplikasi berdasarkan pengguna feddback. Membaca apa saja sebelum kita mendownload aplikasi.

6. Instal antivirus
Ada beberapa program antivirus yang tersedia seperti  Avast, AVG, Kapersky, Webroot dan banyak lagi, semua anti virus ini memiliki antivirus versi mobile yang dapat Anda gunakan pada smartphone Anda (terutama Android).

7. Tetaplah Untuk Mengupdate
Ini adalah salah satu cara di mana produsen dan operator memastikan bahwa Anda ponsel anda tetap dilindungi dari  serangan Malware. Pembaruan ini dapat mencakup perangkat tambahan, perbaikan bug, fitur baru yang masing-masing dirancang untuk menjaga sistem Smartphone anda dari serangan malware yang berbahaya.

8. ROOT Device Sangatlah Rentan
Sebagian besar pengguna android Smartphone untuk dapat menikmati segala aplikasi, mereka sering menggunakan cara root ini, bisa kita artikan dengan cara root semua aplikasi  bisa dipakai kapapun dan memberikan aplikasi privilege super user. kalau memang adnroid anda sudah di root tentu harus menjaganya dan berhati-hatilah dengan aplikasi yang harus memberikan izin super user.

Itulah 8 Tips Cara Menjaga Smartphone dari serangan Virus dan Malware, semoga membantu anda untuk lebih menjaga perangkatnya saat menjelajahi internet.

One Response

  1. yusuf

Leave a Reply