Cara Mempertahankan Ranking Posting di SERP

Bagaimana caranya mempertahankan ranking posting selalu di SERP? tentu ini menjadikan persoalan yang serius karena kalau kita sudah bisa berada di SERP atau halaman pertama tentu mengharap untuk selalu berada di posisi tersebut  dan tidak mudah di geser oleh website lain atau blog lain, ini bukan pekerjaan yang mudah, namun butuh beberapa penelitian agar posisi posting yang yang sudah kita tebak selalu berada di halaman pertama. banyak yang harus anda lakukan untuk hal ini, selain menebak keyword yang tepat dan ideal masih banyak faktor lagi untuk bisa bertahan di serp.

Beberapa hari yang lalu saya membaca website yang mengulas tentang topik ini website tersebut mengatakan untuk mempertahankan itu sangat sulit namun untuk menempatkan posting di halaman pertama itu mudah, website ini tidak mengatakan sangat mudah, namun mudah berarti kita ambil kesimpulan untuk naik-pun tidak mudah apalagi mempertahankan tentunya akan lebih sulit, pakar seo-pun mengatakan untuk mempertahankan posisi di halaman pertama itu pekerjaan yang tidak mudah bagi mereka, karena setiap harinya website yang menembak keyword tersebut sangat banyak sekali dan mempunyai kualitas berbeda-beda, kalau konten mereka tidak begitu kualitas kita bisa enjoy saja namun kalau konten, keyword dan backlink mereka lebih tinggi dan lebih baik dari kita tentu saja posisi posting kita secara signifikan akan ber-gerser dengan sendirinya.

Cara Mempertahankan Ranking Posting di SERP

Kilas balik pada kata-kata diatas untuk menaikkan traffic saja kita sudah kempas kempis apalagi untuk bertahan tentu saja ini pekerjaan yang sebelumnya sudah di rencanakan sebelum, beberapa rekan saya pernah membahas hal ini ternyata memang bisa untuk mempertahankan ranking posting di serp namun tentunya anda harus simak betul-betul dan lakukan bila anda berkenan dengan pendapat dari rekan saya ini, berikut ini cara mempertahankan ranking posting di halaman SERP:

Membidik Keyword Untuk Judul dan Artikel
Pertama harus kita lakukan adalah memprediksi kata kunci dan pembahasan topik untuk posting kita nantinya, ini hal yang mudah untuk mempertahankan ranking posting, karena kita harus lebih fokus pada kata kunci yang umumnya orang mengetik atau mencari. perlu saya garis bawahi begini, mungkin ini salah satu pekerjaan sulit yang pernah anda lakukan sebelumnya, karena sebelumnya kita hanya memprediksi keyword hanya asal-asalan saja dan terkadang posting kita bisa meningkat hingga ke halaman satu merupakan ilmu kebetulan saja, di akui atau tidak sebagian blogger hanya mempunyai ilmu kebetulan 😀

Kita lanjut membahas Keyword untuk ranking posting, cara jitu untuk mempertahankan posisi ranking posting adalah dengan menggunakan kata-kata yang lazim dan sering di ucapkan oleh seseorang, ini salah satu trik, terus kita ambil beberapa kata saja dari ungkapan itu, untuk lebih detail lagi ambil kata-kata yang mudah dan se-niche dengan blog atau website kita, misalkan saya niche kita ber-topik “Belajar SEO Untuk Pemula” dari kata ini kira-kira bagaimana orang akan mencari halaman posting kita di serp, mungkin orang akan lebih cenderung mengetik, Cara belajar SEO, SEO untuk Pemula, Belajar SEO pemula atau Cara belajar SEO untuk Pemula, kata-kata ini mengandung keyword yang ideal yaitu SEO. setiap pengunjung akan sering mengetik kata-kata SEO yang berarti kata ini sangat dominan untuk mendapatkan traffic yang baik sekaligus cara ini bisa kita aplikasikan sebagai salah satu keyword untuk membuat judul dan artikel yang pas.

Setelah kita membidik keyword selanjutnya fokus pada konten, inilah senjata kita nantinya untuk mempertahankan posisi ranking posting, karena konten adalah raja, kenapa di katakan raja? baca artikel ini konten adalah raja sampai nanti. tebarkan keyword di setiap paragraf dan jangan lupa untuk membuat konten relevan dengan topik yang anda bahas.

Optimasi SEO Onpage
Untuk yang kedua guna mempertahankan posting di SERP silahkan optimasi dulu SEO untuk onpage karena kalau langkah di atas sudah kita buat akan percuma kalau template kita tidak mempunyai reputasi standard SEO. untuk hal ini saya merekomendasikan untuk membaca pada halaman Cara Optimasi SEO Onpage.

Kaitkan Website dengan Google Plus
Authorship masih mempunyai ranking SEO yang baik, karena seperti kita ketahui bahwa Authorship masih saja menampilkan profile kita di hasil pencarian, selain hal ini authorship merupakan salah satu untuk memberikan signal tentang keberadaan website kita sekaligus untuk mempertahankan ranking posting.

Anchor Link
Samapai kini anchor link sangat berperan penting untuk meningkatkan crawling serta mempermudah pengunjung untuk melihat keterkaitan postingan kita yang relevan dengan posting yang mereka baja, anchorl link merupakan senjata yang masih menjadi perhitungan untuk mempertahankan ranking posting ketimbang backlink dari website lain yang sewaktu-waktu bisa di hapus tapi dengan memberi backlink dari posting kita ke posting lain masih dalam satu website masih lebih baik dari website kita sendiri karena sangat relevan dengan apa yang kita bahas serta kemungkinan besar link tersebut tidak akan kita hapus.

Buatlah Pembaca Betah dengan Konten Kita
Dari sekian trik diatas masih bisa kita lakukan namun untuk trik ini sampai sekarang saya sendiri belum tahu bagaimana pendapat mereka tentang konten yang saya tulis selama ini, memang kalau kita bisa optimasi semua dari hal-hal SEO kita bisa melakukan untuk itu semua, namun untuk membuat betah para pengunjung untuk membaca artikel yang kita tulis belum tentu bisa karena mungkin ada seorang pengunjung hanya ingin membaca secara poinnya saja, ada juga yang ingin membaca sampai dia benar-benar tahu maksud dari artikel kita, inilah yang sering menjadi pertanyaan semua kalangan SEO. untuk masalah ini saya tidak bisa memberikan ulasan yang detail karena memang lain tanaman lain ilalang. namun bila konten anda dicintai mereka hal ini merupakan hal baik untuk mempertahankan ranking posting

Itulah ulasan saya untuk cara mempertahankan ranking posting di halaman SERP, intinya selalu fokus pada konten yang relevan dan perhatikan juga keyword density karena kalau anda tidak memperhatikan hal ini kemungkinan besar konten yang anda ciptakan hanya sia-sia saja dan tidak akan tinggal lama-lama di SERP.

8 Comments

  1. Faisal
  2. Mustian

Leave a Reply