Cara Menghadapi Penalti Google Penguin 3.0

Meskipun google belum memberitakan tentang update algoritma google Penguin namun sebaiknya kita antisipasi tentang algoritma ini sedini mungkin karena bukan tidak mungkin lagi bahwa algortima google penguin akan di upadate kembali. pada tahun tahun lalu tepatnya pada bulan oktober algoritma penguin 2.0 di update dan dampaknya banyak sekali situs terkena penalti dari algoritma ini. sebelum saya menjelaskan langkah yang tepat untuk menghadapi google penguin 3.0 saya rekomendasi-kan untuk membaca postingan Perubahan Algoritma Google. karena semua algoritma dari google sudah di jelaskan pada postingan tersebut.

Penguin salah satu algoritma yang di andalkan oleh google untuk membuang jauh-jauh situs yang jelas-jelas mempunyai backlink spam serta situs yang mempunyai ternak blog. mungkin ini yang sering kita dengar, seperti yang sudah kita ketahui pada awal tahun 2014 google menyatakan menghapus situs guest blogging. ini bukan dampak dari algoritma hummingbird namun sebenarnya dampak dari penguin 2.0 yang di luncurkan pada bulan oktober 2013 dan lagi-lagi orang berburuk sangka pada algoritma hummingbird.

Perubahan google bukan hanya tentang backlink namun tentang konten juga menjadi incaran google buktinya pada bulan lalu google juga update algoritma panda 4.0 yang jelas-jelas menghapus situs dari SERP yang hanya menyajikan konten tidak berkualitas atau konten berkualitas rendah. semua tujuan google adalah situs kecil akan bisa bersaing dengan situs-situs besar lainnya dan pengguna akan benar-benar menemukan konten yang relevan dari yang mereka cari. inilah tujuan dari algoritma google sebenarnya.

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa algoritma google penguin 3.0 memang belum resmi di rilis oleh google namun setidaknya kita harus berhati-hati supaya situs yang kita kembangkan tidak terkena penalti dari google penguin 3.0.

Apa tujuan dari algoritma Google Penguin ? 
Seperti banyak di kutip dari situs berita google bahwa penguin berperan untuk memantau situs yang jelas membangun backlink dari cara spam dan beternak link. sudah bertahun-tahun google merencanakan hal ini agar hasil pencaraian dalam serp bisa relevan dan tidak ada unsur spam. kalau anda sudah pernah mengelola blog atau situs pada tahun 2012 anda tahu dampak yang di hasilkan ketika itu. hampir semua hasil pencarian berubah total, dan orang-orang saat itu tidak menyadari bahwa google sedang mengembangkan algoritma terbarunya yaitu penguin 1.0. untuk saat ini banyak sekali tool yang bisa anda gunakan untuk mengetahui backlink spam atau backlink yang tidak wajar. semua itu bisa terjadi bukan hanya anda sendiri namun bisa jadi dari situs pesaing anda yang dengan sengaja mengirim backlink spam agar situs anda runtuh dari serp. gunakan tool online Google Penguin Checker untuk mengetahui bahwa situs anda terhindar dari becklink spam.

Cara Menghadapi Pinalti Google Pinguin 3.0

Cara Memastikan Tidak Terkena Dampak Google Penguin

Ada beberapa cara untuk mengetahui dampak dari algoritma google penguin. beberapa cara di bawah ini mungkin kan membantu anda untuk mengenali dan menghindari dampak dari google penguin 3.0, di antaranya adalah:

  1. Sebaiknya periksa backlink situs anda secara real time ini langkah tepat untuk mengetahui dampak backlink yang tidak wajar. tidak ada cara otomatis untuk mengetahui backlink. jadi sudah sepatutnya anda periksa backlink secara manual. akibat permasalahan pertama biasanya situs anda akan turun dari serp secara signifikan dan bersama-sama.
  2. Anda bisa menggunakan tool online jika memang anda membutuhkannya, namun untuk tingkat keakuratan tool online ini saya kira cukup membantu meskipun saya tidak yakin 100% tentang backlink dari tool online ini. tool yang paling umum di gunakan adalah tool dari IWeb Tool dan OpensiteExplorer
  3. Selalu pantau data yang di berikan dari webmaster google. karena google akan mengirim data yang akurat tentang masalah website anda. memang ini sangat berat untuk menerimanya namun setidaknya dengan bantuan alat google webmaster anda bisa mengetahui permasalahan situs anda.
  4. Anda bisa menggunakan alat Remove’em untuk menghapus backlink yang tidak wajar, namun situs ini tidak menyediakan alat gratis namun anda harus membayar untuk melaporkan serta menghapus backlink tersebut.

Setelah anda mengetahui cara melihat backlink yang tidak wajar langkah selanjutnya adalah melaporkan backlink tersebut kepada webmaster. jika anda belum mengerti cara mengirim laporan mungkin alat penghapusan backlink ini akan mempermudah anda untuk melaporkan sekaligus akan menghapus backlink tersebut kepada pihak google. kirim laporan anda ke Feedback on our recent algorithm update

Demikian cara terbaik untuk menghadapi penalti google penguin 3.0 yang kemungkinan akan segara di update oleh google, namun kapan itu kita hanya bisa menunggu. untuk itu buatlah backlink yang natural untuk caranya anda bisa tanyakan diri anda sendiri bagaimanakah seharunya mendatangkan backlink apakah dengan praktek spamming atau dengan cara natural. dan saya pribadi menyarankan buatlah backlink yang baik karena dengan backlink yang wajar akan membuat dampak situs kita semakin baik dan akan selalu perhitungkan oleh google.

2 Comments

  1. Jasa Pembuatan Web Perusahaan
  2. Didin

Leave a Reply