Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website

Meningkatkan kecepatan situs merupakan salah satu strategi SEO yang sudah banyak di bahas oleh semua master seo. kalau anda sudah membaca tentang bagaimana cara google menemukan website kita tentu anda sudah paham bahwa website atau blog yang berat besar kemungkinan tidak akan index, ini sudah terbukti secara kongkrit, kalau anda masih ragu anda bisa membuktikan dengan menambah widget dengan javascript di sidebar atau footer blog. hal inilah yang kurang di jaga oleh sebagian mereka yang menggunakan website blogspot, banyak saya lihat mereka tidak memperhatikan kecepatan blog mereka sehingga blog mereka tidak mendapatkan traffic yang baik bahkan google sendiri tidak menempatkan blog mereka di urutan serp halaman pertama.

mengingat pentingnya untuk mengoptimalkan loading blog kemungkinan anda akan berpikir harus begini dan begitu, sebagai contoh mengurangi widget dan javascript, memang ini salah satu cara meningkatkan kecepatan situs namun tidak hanya itu saja masih banyak cara yang harus anda ketahui supaya tingkat kecepatan situs anda lebih maksimal. banyak yang mengatakan kecepatan situs hanya sekian dari permasalahan yang terpenting kecepatan internet, nah inilah anggapan yang sering saya dengar dari rekan-rekan saya. iya kalau memang pengunjung kita mempunyai kecepatan internet tinggi jika tidak misalnya ada pengunjung yang mempunyai koneksi internet lambat tentu ini akan mengakibatkan mereka pergi sebelum melihat website kita, nah dari pelajaran ini bisa kita ambil kesimpulan biarpun koneksi internet mereka cepat seharusnya jangan selalu menjadi prioritas, apalagi kalau website tersebut website toko online tentu ini sangat di sayangkan sekali besar kemungkinan kalau ada klien yang ingin membuka website anda dan berat pengunjung tidak akan melihat dan akan enggan untuk mengunjungi website anda. itulah yang harus anda pikirkan kenapa kecepatan situs itu sangat penting sekali.

Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website

Untuk menjawab semua permasalahan ini saya mempunyai beberapa trik untuk meningkatkan kecepatan situs anda namun sebelumnya anda bisa cek loading web atau blog anda di GTmetrix, Tool Pingdom atau Google PageSpeed semua tool online sangat bermanfaat untuk memonitoring kecepatan situs anda. setelah anda tahu berapa score untuk kecepatan anda anda bisa optimalkan untuk meningkatkan kecepatan situs, berikut ini cara meningkatkan kecepatan situs.

Hapus Plugin yang tidak perlu

Untuk cara yang pertama anda menghapus plugin yang tidak anda perlukan kalau anda menggunakan website berplatform wordpress dan untuk pengguna blosgpot anda bisa menghapus widget yang anda anggap berat, untuk blogspot widget yang biasanya berat adalah widget archive dan widget yang menggunakan javascript, hindari yang saya sebutkan untuk meningkatkan kecepatan situs anda.

Plugin yang tidak diperlukan untuk platform WordPress sangat fleksibel. plugin juga salah satu alasan utama situs WordPress lambat. Setiap Plugin yang anda aktifkan akan menambah berat kecepatan website Anda. inilah salah satu alasan kenapa anda harus memperhatikan plugin, kalau memang tidak di perlukan atau bahkan akan memberatkan loading website sebaiknya tidak usah anda gunakan karena akan mengganggu kecepatan situs.

Ada beberapa alasan kenapa plugin akan memperberat kecepatan situs anda berikut ini alasannya:

  1. Akan memperbesar ruangan database – Data tambahan pada plugin akan mengambil banyak ruang dalam database, seperti plugin statistik, plugin ini dikenal akan menambahkan ratusan atau bahkan ribuan baris baru ke database website Anda. Akibatnya, halaman Anda memakan waktu lebih lama untuk loading.
  2. Akan meningkatkan Kinerja database & Server – Permintaan Konstan ke database dapat menempatkan banyak ketegangan pada CPU server Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko pelambatan CPU dan memiliki efek yang merugikan pada kinerja website.
  3. Panggilan ke Layanan Eksternal – Sulit untuk mengoptimalkan halaman web yang membuat panggilan yang berlebihan untuk layanan eksternal. Tombol berbagi media sosial misalnya, dapat memperlambat halaman web Anda dengan setengah detik atau lebih.

Oleh karena itu sangat penting untuk menonaktifkan dan menghapus plugin WordPress yang tidak penting untuk kecepatan situs Web Anda. Jika sebuah plugin penting tetap anda aktifkan. Jika tidak uninstall plugin tersebut.

Mengurangi Size atau ukuran Gambar

Yang kedua adalah mengurangi size atau ukuran file pada gambar di website anda, karena biasanya yang sering menyebabkan lambatnya website di karena gambar file yang terlalu besar akibatnya situs web akan berat untuk di muat. anda bisa mengurangi atau mengecilkan file gambar dengan menggunakan photoshop atau menggunakan tool online seperti ImageOptim atau RIOT.

Bagi anda pengguna WordPress anda bisa menggunakan plugin WP-Smush.it , EWWW Image Optimizer atau Hammy semua plugin ini akan mengoptimalkan ukuran gambar yang anda upload, untuk pengguna self hosting berplatform wordpress plugin ini sangat di rekomendasikan. karena plugin ini juga akan mengurangi berat performa databest anda. baca juga tips mengoptimalkan SEO gambar.

Install Plugin Caching

Yang ketiga adalah menginstall plugin cache bagi pengguna wordpress, plugin ini mungkin sering di rekomendasikan buat anda pengguna wordpress selain untuk menghasilkan file HTML statis plugin ini juga akan bekerja untuk mengurangi beban permintaan server.

Selain menghasilkan file HTML statis, plugin caching juga meningkatkan kecepatan website Anda dalam beberapa cara. Mereka mendukung metode optimasi seperti gzipping, browser caching, minification, kompresi CSS dan Javascript dan banyak lagi. Banyak plugin caching juga mengintegrasikan dengan baik dengan jaringan pengiriman konten. untuk hal ini saya rekomendasikan menggunakan plugin W3 Total CacheWP Super Cache atau Quick Cache.

Optimalkan database

Konfigurasi default dari WordPress tidak lagi efisien. Ini membuat banyak informasi yang tidak perlu dan sia-sia yang akan menggelembungkan ukuran database dengan mempertahankan komentar spam, item sampah dan pasca revisi konten.

Posting revisi adalah salah satu alasan utama database WordPress membengkak terlalu besar. Selain menyimpan sebuah autosave, WordPress akan menyimpan salinan dari setiap rancangan Anda pernah disimpan untuk posting dan halaman. untuk hal ini bagi anda pengguna wordpress agar kecepatan situs bisa optimal anda bisa install WP-Optimize, plugin ini akan menghapus secara otomatis pada komentar spam dan juga autosave karena revisi pemuatan konten atau halaman.

Gunakan Content Delivery Network (CDN)

Setiap kali pengunjung membuka sebuah website, komputer mereka harus men-download file dari server di host. Waktu yang dibutuhkan untuk informasi ini yang akan diterima dikenal sebagai waktu respon. Waktu respon hanya setengah detik. Ketika menambahkan dalam ukuran file , secara keseluruhan halaman diperlukan untuk dapat memuat dan menambahkan hingga menjadi beberapa detik.

Misalnya, jika pusat data Anda terletak di Indonesia, seorang pengunjung dari singapur akan mendapatkan waktu respon yang lebih baik daripada seseorang yang terletak di Moskow. Cara terbaik untuk mengatasi situasi ini adalah untuk menggunakan dari Content Delivery Network atau CND. untuk menjawab hal ini langkah yang harus anda lakukan adalah dengan menginstall plugin WP Performance Pack.

Itulah cara untuk meningkatkan kecepatan website atau blog. semua ini bisa anda lakukan untuk mempercepat loading blog atau website. karena seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa mengoptimalkan kecepatan situs web adalah salah satu dari sekian banyak trik seo, banyak situs yang mempunyai kecepatan baik untuk itulah agar pesaing web anda tidak menang langkah yang baik optimalkan kecepatan situs seperti yang sudah saya tulis di atas.

One Response

  1. intisarikubah

Leave a Reply