Cara Merubah Multisite Ke Domain Baru

Banyak kejadian yang mungkin tidak terduga sebelumnya dari klien atau website yang anda bangun, seperti membuat subdirectory atau multisite, namun setelah beberapa lama anda kembangkan mungkin ingin merubah semua Permalink atau URL dengan domain baru, hal ini sering kali menjadi kendala karena mungkin belum ada tutorial atau belum tahu caranya. kali ini saya ingin bagikan buat anda yang ingin merubah multisite ke domain baru, untuk melihat apa itu multisite anda bisa membuka halaman tentang cara membuat multisite.

Pertama yang harus anda lakukan untuk merubah multisite ke domain baru adalah backup semua konten yang ada di wordpress dengan cara pergi ke navigasi TOOLS kemudian cari menu EXPORT, setelah anda berada pada menu export silahakan backup semua file atau artikel dalam bentuk xml kemudian simpan pada komputer anda. di menu ini ada 3 pilihan

  • All content yang berarti anda backup semua konten mulai dari posting sampai dengan halaman website multisite yang sudah ada.
  • Posts yang berarti anda hanya akan backup semua konten dan meninggalkan halaman lainnya.
  • Pages yang berarti anda hanya akan backup semua halaman dan meninggalkan semua konten.

Silahkan anda sesuaikan sendiri dari semua file yang akan anda export, semua file tidak hanya bisa kita masukkan ke wordpress saja namun bisa kita upload ke blogspot misalnya, jadi langkah yang tepat pilih all content. klik pada tombol Download File Export untuk mengunduh file. lihat gambar dibawah ini

backup file exportKedua, setelah anda backup file dari multisite kini saatnya anda harus menyiapkan halaman wordpress anda yang baru dengan domain baru atau menggunakan subdomain semua terserah pada anda, setelah anda membuat halaman wordpress baru kini waktunya anda upload file xml yang sudah anda export.

Agar proses upload tidak gagal usahakan koneksi internet anda harus stabil, setelah anda siap hal yang pertama silahkan menuju ke navigasi TOOLS wordpress baru anda, kemudian pilih menu IMPORT. pada menu import ini ada beberapa pilihan dan setiap pilihan harus menginstall plugin untuk bisa upload file, untuk hal ini pilihannya pada menu WordPress. klik pada menu tersebut maka anda diharuskan untuk menginstall plugin wordpress importer, silahkan lakukan untuk menginstall plugin baru.

Ketiga, setelah berhasil menginstall plugin wordpress importer anda akan melihat halaman seperti dibawah ini:

wordpress importerUntuk meneruskan upload file xml silahkan klik tombol TELUSURI, cari file yang sudah anda simpan kemudian klik tombol UPLOAD FILE AND IMPORT, pada proses ini sebaiknya koneksi internet anda harus stabil agar tidak menemukan kegagalan ketika proses upload.

Keempat, setelah anda berhasil upload di file, silahkan menuju ke halaman ALL POST maka anda akan melihat postingan yang dulu sudah anda lakukan ketika menggunakan multisite, centang pada semua cek box untuk dipublikasikan.

Kelima, Anda sudah berhasil Merubah Multisite Ke Domain Baru namun perlu anda ingat bahwa mungkin saja semua permalink yang sudah anda gunakan atau bahkan anchor link yang sudah anda tanamkan semuanya akan broken link, tentunya untuk hal seo masalah broken link sangat tidak di sarankan bahkan akan memperburuk seo pada website anda yang baru, untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengarahkan semua permalink ke domain baru anda dengan menggunakan redirect pada DIRECTADMIN pada halaman hosting anda. sebagai contoh yang sudah saya lakukan ketika saya mengarahkan multisite jasa online. yang dulunya menggunakan domain http://prositenews.com/jasa-online/ namun setelah saya pikir-pikir saya mengganti menjadi http://jasaonline.bukainfo.com , silahkan klik pada permalink diatas untuk mengetahuinya. untuk cara redirect menggunakan directadmin silahkan lihat pada gamabar dibawah ini

redirect multisite

Lihat pada gambar diatas saya mengarahkan permalink dari multisite ke domain baru atau bisa juga ke subdomain, setelah anda pada tahap/level ini anda sudah berhasil merubah multisite ke domain baru anda, untuk selanjutnya tinggal mendaftar domain baru anda ke webmaster seperti google, bing, yandex dll. sampai disini anda sudah sukses, bagi anda yang masih bingung dengan tutorial ini atau anda kesulitan anda bisa menghubungi jasa online, semua permasalahan di atas bisa dikerjakan oleh jasa online. untuk mengalih subdomain ke domain baru silahkan buka halaman cara mengganti subdomain wordpress ke domian baru

2 Comments

Leave a Reply