Cara Riset Kata Kunci Yang Tepat

Kata kunci adalah elemen yang sangat penting dalam SEO. Penggunaan kata kunci yang tepat merupakan salah satu strategi pemasaran konten dan mampun mengarahkan lalu lintas dari mesin pencarian lebih banyak dan berkualitas serta mampu mengkonversi lebih banyak pelanggan. Untuk mencari kata kunci yang tepat diperlukan riset kata kunci.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan riset kata kunci yang tepat yaitu, mencari ide kata kunci serta mengetahui tingkat persaingan dan jumlah pencarian dari kata kunci tsb.

Langkah Pertama Riset Kata Kunci: Mencari Ide Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci memang tidak mudah dan untuk sebagian besar orang mencari kata kunci pun tidaklah gampang. Daripada Anda bingung, beberapa tips berikut ini dapat berguna untuk mencari ide kata kunci:

  • Mulailah riset kata kunci dari pelanggan Anda. Tempatkan diri Anda pada posisi sebagai pelanggan dan tanyakan pada diri sendiri “Apa yang akan mereka mencari jika mereka mencari konten saya?” Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang pemilik situs yang membahas pakaian wanita dan sekarang saatnya bulan puasa maka pelanggan Anda mungkin mencari informasi seputar baju muslim.
  • Buat daftar apa yang benar-benar penting bagi mereka saat mencari kata kunci tadi. Misalnya utnuk kata kunci baju muslim, maka Anda dapat membuat kata kunci turunan seperti tren baju muslim 2015, baju muslim syar’i, dsb.
  • Buatlah sebanyak mungkin daftar kata kunci awal Anda.
  • Gunakan Google autocomplete untuk memperluas daftar kata kunci Anda yaitu dengan cara mengetikan kata kunci di browser Google maka akan muncul kata kunci yang lainnya yang berhubungan dengan kata kunci utama. Uniknya lagi Google autocomplete ini akan memberikan wawasan mengenai pertanyaan yang mungkin timbul dan jawaban yang ingin diperoleh oleh konsumen.
  • Gunakan hasil pencarian terkait yang muncul di bagian paling bawah halaman sebagai ide untuk mencari kata kunci.
  • Buatlah semua kata kunci yang relevan baik dari hasil pemikiran Anda, atau atas bantuan Google autocomplete dan hasil pencarian terkait.
cara riset kata kunci menggunakan googel autocomplete

Hasil Google Auto Complete dari Kata Kunci Baju Muslim

cara riset kata kunci menggunakan hasil pencarian terkait

Hasil Riset Kata Kunci menggunakan Hasil Pencarian Terkait oleh Google

Baca juga: Bagaimana Memilih Kata Kunci Yang Mudah

Setelah Anda membuat daftar dari kata kunci yang relevan, langkah berikutnya adalah memahami seberapa populer kata kunci tsb. Apakah Anda akan mendapatkan peringkat dari kata kunci tsb atau malah tidak memperoleh bagian sama sekali karena persaingan terlalu tinggi.

Langkah Kedua Riset Kata Kunci: Memeriksa Jumlah Pencarian dan Tingkat Persaingan

Sebuah kata kunci yang tepat memiliki ciri-ciri tinggi jumlah pencarian dan rendah persaingan. Anda dapat menggunakan beberapa tool riset keyword seperti Google Keyword Planner untuk memeriksa jumlah pencarian dan tingkat persaingan dari daftar kata kunci yang telah Anda buat tadi.

Riset kata kunci pun perlu dilakukan agar situs kita mampu berkompetisi dengan situs orang lain.

Nah bila Anda telah menemukan kata kunci yang tepat, sekarang saatnya Anda menggunakan kata kunci tsb dalam konten di situs Anda. Riset kata kunci memang memerlukan waktu dan usaha tetapi semua kerja keras Anda akan terbayar bila riset kata kunci tsb dilakukan dengan benar.

Leave a Reply