Cara Setting SSL Certificate di WordPress

Jika anda kini migrasi ke SSL Certificate mungkin anda masih bingung bagaimana bisa mengarahkan protokol http ke https. berikut ini cara setting SSL Certificate di wordpress yang mudah seperti yang sudah saya lakukan beberapa hari lalu di web saya jasa seo. awalnya saya masih bingung setelah saya migrasi ke SSL Certificate. setelah penyedia hosting mengatakan bahwa website saya sudah bisa di akses ke protokol https saya uji coba, namun beberapa browser mengatakan bahwa beberapa gambar dan laman yang berada di website saya tidak aman. ini membuat saya panik. padahal kalau sudah membeli SSL Certificate yang sudah banyak di katakan oleh beberapa ahli seo bahwa situs yang memiliki SSL Certificate akan aman bagi pengguna internet. nah mungkin ini juga menimpa ada yang sudah bermigrasi protokol dari http ke https. setelah beberapa saat saya browing kesana kemari akhirnya saya mendapatkan solusi yang tepat dari website wpbeginner.com. website ini memberikan solusi yang tepat bagaimana Cara Setting SSL Certificate di WordPress yang tepat dan aman. berikut ini yang harus anda lakukan untuk Cara Setting SSL Certificate pada website CMS WordPress. namun sebelumnya anda baca dahulu tentang SSL dan dampak HTTPS pada SEO. saya harap dengan penjelasan ini anda bisa membuat referensi baru sebelum memutuskan untuk membeli SSL Certificate

1. Hal yang pertama anda lakukan adalah pastikan kalau anda sudah menerima email bahwa SSL Certificate yang anda beli sudah aktif.

2. Jika memang sudah aktif anda bisa langsung untuk login ke wp-admin kemudian pergi ke menu General. disana anda akan melihat URL Situs wordpress anda. yang tampilannya seperti dibawah ini.

Cara Setting SSL Certificate di WordPressJika anda sudah berada pada halaman ini silahkan ganti protokol HTTP menjadi HTTPS seperti yang di lakukan pada gambar. jika sudah klik tombol simpan. dan anda kemungkinan akan logout dari dashboard anda. jika ini benar silahkan anda masuk ke halaman anda lagi dan sekarang anda sudah berada pada protokol HTTPS yang benar.

3. Kemungkinan banyak URL yang belum support dengan protokol HTTPS untuk itu silahkan anda buka file .htaccess hostingan anda. silahkan masukkan script dibawah ini

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80 
RewriteRule ^(.*)$ https://www.yoursite.com/$1 [R,L]
</IfModule>

Sekarang anda sudah bisa Setting SSL Certificate di WordPress dengan mudah, namun jika anda lihat di website anda kemungkinan akan banyak masalah yang di informasikan dari browser anda. jika anda benar maka browser anda akan memberikan informasi seperti gambar ini

Cara Setting SSL Certificate di WordPressApa yang harus anda lakukan ketika masalah datang sesudah mengganti url ke protokol HTTPS. silahkan lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Perbaiki gambar yang belum atau tidak terpasang HPPTS yang berada di header judul.
  2. Benahi URl yang berada di Navigasi, silahkan ganti dengan HTTPS.

Jika sudah anda Setting ke https usahakan semua gambar beralih ke protokol https caranya menggunakan plugin force regenerate thumbnails. ini akan mengubah semua url gambar ke https, cara cukup mudah anda hanya install kemudian klik regenerate maka plugin ini sudah bekerja, jika sudah anda gunakan anda bisa hapus plugin ini. jika masih saja tidak mendapatkan setting dengan baik anda harus terpaksa untuk manual setting.

Itulah beberapa langkah Setting SSL Certificate di WordPress. jika anda belum mengerti atau masih pusing tentang apa yang saya sampaikan anda bisa langsung komentar di post ini atau bisa juga hubungi kami di kontak email. semoga tutorial Cara Setting SSL Certificate di WordPress ini bermanfaat untuk anda.

3 Comments

  1. Eris
  2. mukhlis

Leave a Reply