Tips Mudah Membayar DP Sepeda Motor dengan Pinjaman Uang Tunai

Kendaraan sudah menjadi produk wajib yang dimiliki oleh seseorang saat ini. Untuk menjalankan aktifitas sehari-hari, baik bekerja, bersekolah serta menjalankan usaha. Kendaraan merupakan barang yang dapat membantu seseorang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Untuk mendapatkan sebuah mobil, memerlukan banyak uang untuk melunasinya, oleh karena itu orang lebih tertarik untuk menggunakan sepeda motor. Terlebih dengan banyaknya iklan yang menawarkan kredit motor, tak jarang pula ada yang menyanggupi nasabah bisa mendapatkan sepeda motor yang diinginkan hanya dengan membayar Down Payment dengan jumlah tertentu dan kemudian sisanya di cicil.

Dp sepeda motor

Lalu bagaimana jika seseorang ingin mengambil DP motor dengan metode tersebut namun tidak memiliki cukup uang. Saat ini Anda sudah bisa mengambil DP sepeda motor dengan menggunakan fasilitas pinjaman uang tunai. Namun, tahukah Anda jika ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum menggunakan metode ini ? Berikut ini tips mudah untuk membayar DP sepeda motor dengan menggunakan metode pinjaman uang tunai atau pinjaman kredit.

Perhatikan Angsuran

Tips pertama adalah memperhatikan angsuran, dengan cara melihat kembali kondisi finansial Anda. Apakah dana yang Anda miliki sesuai dengan harga angsuran sepeda motor yang Anda pilih. Karena dengan mengambil DP sepeda motor berarti ada biaya yang harus Anda bayarkan selama beberapa bulan atau tahun ke depan. Anda harus memperhitungkan dengan benar serta mempertimbangkan biaya yang juga Anda keluarkan untuk kebutuhan lain.

Jangan Tergiur Tawaran

Pada awal ingin mengambil DP motor mungkin Anda tertarik dengan tawaran uang muka yang rendah. Uang muka yang rendah sering kali membuat calon pembeli menjadi tergiur karena uang muka rendah terdengar lebih meringankan. Namun itu adalah pemikiran yang tidak benar, karena dengan begitu akan membuat jangka waktu cicilan semakin panjang, dan jika diperhitungkan uang yang harus dibayarkan akan menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, ketika akan mendatangi dealer atau showroom sepeda motor, Anda harus mengingat hal ini, agar tidak mudah tergiur dengan tawaran sales atau marketing yang mengejar target order.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Setiap penyedia pinjaman uang tunai mempunyai syarat dan ketentuan kredit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu Anda sebaiknya memahami dengan baik mengenai hal tersebut karena akan sangat berguna ketika Anda sudah siap untuk mengajukan pinjaman.

Pilih Jangka Waktu Pinjaman yang Tepat

Setiap jenis pinjaman mempunyai jangka waktu yang berbeda, ada yang beberapa bulan hingga 2 tahun. Maka, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dulu kemampuan Anda sebelum mencicil kredit motor tersebut, untuk menghindari gagal bayar atau kredit macet di tengah jalan.

Perhatikan dan hitunglah besar penghasilan Anda perbulan dengan biaya kehidupan Anda per bulan. Kemudian pilihlah jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.
Apabila jangka waktu pinjaman yang dipilih singkat, maka dengan sendirinya besar cicilan akan lebih tinggi dan sebaliknya apabila jangka waktu pinjaman yang dipilih panjang, maka kewajiban Anda untuk melunasinya pun akan menjadi lama namun besar cicilan akan lebih rendah.

Perhatikan Suku Bunga Pinjaman dan Biaya Lain

Sebelum Anda menentukan lembaga pinjaman uang tunai, maka perhitungkan pula suku bunga pinjamannya. Tak jarang orang tidak memperhatikan hal ini saat akan melakukan pengajuan pinjaman, dan hal ini sebenarnya bisa merugikan. Beberapa lembaga pinjaman dana tunai menerapkan sejumlah biaya yang terbilang tinggi bagi para calon nasabahnya, hal ini mungkin saja terjadi karena pada dasarnya mayoritas calon nasabah kurang teliti mempelajari tentang hal tersebut dan baru menyadarinya setelah kredit tersebut berjalan dan mereka dikenai sejumlah biaya yang dinilai sangat tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda sebagai calon debitur wajib untuk menanyakan suku bunga dan berbagai macam biaya yang akan dikenakan oleh lembaga pinjaman uang tunai pada Anda, seperti contoh biaya denda keterlambatan bayar cicilan, biaya penalti jika terjadi pelunasan cicilan lebih awal, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit telah selesai, dan berbagai macam biaya lainnya.

Luangkan Waktu untuk Mempelajari Hal-Hal Seputar Pinjaman

Ada baiknya jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pinjaman tunai terlebih dahulu sebelum mengambil kredit motor. Terutama kondisi finansial Anda, apakah penghasilan Anda bisa menutupi biaya kredit selama beberapa waktu ke depan. Jika belum sanggup, sebaiknya jangan telalu memaksa, karena pada akhirnya akan menyulitkan Anda sendiri. Jika ternyata Anda sudah sanggup, maka silahkan untuk mengajukan kredit motor dengan mempertimbangkan tips-tips di atas dan patuhilah ketentuan sebaik mungkin agar Anda dapat melunasi cicilan tepat waktu.

Demikian artikel ini, semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mengajukan DP sepeda motor dengan menggunakan pinjaman tunai.

Leave a Reply