Kelebihan dan Kekurangan WordPress Multisite

Banyak yang di sediakan oleh pengembang wordpress selain plugin yang mempermudah para user sekarang wordpress lebih mudah lagi dengan adanya multisite atau banyak mengatakan kalau ini adalah subdirectory atau subfolder domain, banyak yang di dapat dengan multisite kita bisa membuat beberapa situs baik itu untuk klien bagi pengelola toko online atau hanya sekedar ingin mengembangkan situs seperti blogspot misalnya, namun dengan multisite kita akan lebih mudah lagi dan yang pasti mesin pencari akan lebih ramah dari pada kita membuat subdomain. kalau subdomain webmaster akan menempatkan sitemap itu sendiri namun dengan subdirectory/multisite webmaster hanya memprioritaskan satu domain saja.

Kelebihan dan Kelemahan WordPress Multisite

Mengenal Permalink subdirectory dan subdomain
Untuk mengenali Subdomain dan subdirectory sangat mudah saja dan mungkin anda sudah tahu permalink dari subdirectory, kalau di tulis akan kelihatah seperti ini.

http://site1.example.com → ini untuk subdomain
http://example.com/site1/ → ini untuk subdirectory

Kedua link ini mungkin hampir sama hanya penambahan di awal domain dan setelah domian, namun mesin pencari menganggap kalau subdomain adalah domain terpisan namun untuk subdirectory domain yang sama, itulah keuntungan dari subdirectory.

Kelebihan menggunakan Jaringan Multisite

  1. Sebagai administrator jaringan multisite Anda dapat dengan mudah mengelola beberapa situs dari dashboard tunggal.
  2. Setiap situs dapat memiliki admin sendiri dengan kemampuan untuk mengelola hanya situs mereka sendiri.
  3. Untuk install plugin dan tema di beberapa situs Web dengan satu download.
  4. Jaringan Multisite juga membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengelola update. Anda hanya perlu memperbarui WordPress Anda, plugin, atau tema pada satu install

Kelemahan Menggunakan Jaringan Multisite

  1. Semua situs pada jaringan berbagi sumber daya yang sama, jadi ketika situs Anda sedang down, semua situs pada jaringan Anda menurun juga.
  2. Untuk mengelola sumber daya server dalam lalu lintas tak terduga akan sulit bagi pengguna tingkat pemula.
  3. Jika situs Anda mendapatkan hacked, maka ini berarti semua situs pada jaringan Anda akan mendapatkan hacked yang sama.
  4. Kegagalan plugin WordPress mungkin tidak bekerja dengan baik pada jaringan multisite.

Kapan Waktunya Membuat Multisite? pertanyaannya jika memang anda sudah membutuhkan dalam hal ini saya memberikan jawaban jika:

  1. Sebuah situs majalah misalnya dengan bagian berbeda yang dikelola oleh tim yang berbeda.
  2. Sebuah situs bisnis dengan sub situs untuk lokasi dan cabang berbeda
  3. Situs pemerintah atau non profit dapat menggunakan multisite untuk departemen berbeda, lokasi, dan wilayah.
  4. Sekolah dan perguruan tinggi memungkinkan siswa untuk membuat blog sendiri di server sekolah

Syarat untuk WordPress Multisite

Untuk mempunyai jaringan multisite anda harus betul-betul memperhatikan kinerja dan kapasitas dari hosting, karena kemungkinan tidak terduga akan ada dan selalu ada. untuk hal ini anda harus memperhatikan performa dari server dan berapa kapasitas hosting yang bisa anda andalkan, dalam hal ini saya menyarankan untuk menggunakan Hosting VPS atau Dedicate server yang tidak di ragukan lagi kehandalannya, kalau anda masih menggunakan shared hosting anda bisa mempertimbangkan lagi, seperti yang anda tahu dengan menggunakan multisite berarti anda harus siap dengan trafik dan permintaan lalu lintas yang kemungkinan akan melonjak.

Cara menggabungkan dua domain dalam satu Dashbord

Kalau anda mempunyai dua domain dan hosting yang berbeda anda bisa menggunakan ManageWP dengan menggunakan fasilitas manageWP anda akan mudah mengontrol dua domain sekaligus atau bahkan lebih dari itu seperti subdomain kemungkinan anda harus menginstall sendiri, berikut kelebihan menggunakan ManageWP

  1. Anda bisa mengontrol penuh dua domain dalam sat dashbord
  2. Anda tidak perlu login dua domain yang berbeda.
  3. Anda akan mendapatkan pembaruan update plugin secara langsung tanpa harus login ke domain masing-masing.
  4. Tetap bisa mengontrol dengan tab yang mudah.

Kebutuhan multisite bisa anda gunakan kalau memang anda membutuhkan, namun poin poin diatas hanyalah gambaran bahwa inovasi dari wordpress selalu berkembang sesuai dengan permintaan dari semua user. dan untuk membuat subdirectory anda bisa membacanya di cara membuat multisite di wordpress, tutorial ini lengkap dan mudah.

7 Comments

  1. Reza Dwi Purnama

Leave a Reply