Kesalahan Investasi Perlu Diwaspadai agar Tidak Salah

Kesalahan Investasi Perlu Diwaspadai agar Tidak Salah

Anda Investor Baru? Ini Kesalahan-Kesalahan Investasi yang Perlu Diwaspadai agar Tidak Salah Langkah
Saat seseorang memiliki cukup modal, tidak sedikit dari orang-orang tersebut yang memutuskan untuk mengalokasikan modal yang mereka miliki untuk kepentingan investasi. Berinvestasi tidak hanya berbicara mengenai modal saja, namun juga risiko. Terlebih apabila Anda terhitung masih pemula dalam hal investasi online, sebaiknya Anda berhati-hati sebelum memutuskan untuk investasi pada satu instrument, sebab risiko investasi terbilang relatif tinggi. Satu saja keputusan yang tidak tepat, bisa mengakibatkan uang Anda menjadi hilang.

Kesalahan Investasi Perlu Diwaspadai agar Tidak Salah
Oleh karena itu, ada baiknya mencegah hal tersebut dengan mengetahui beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan oleh investor yang bisa Anda jadikan tips investasi Anda di masa depan:

Menyamakan Investasi dengan Berjudi

Hal pertama yang menjadi kesalahan investor adalah karena investor terlalu banyak berspekulasi.
Ketika Anda menginvestasikan sejumlah uang Anda ke suatu instrumen investasi, sebut saja saham di pasar modal, Anda berpikir dan memperlakukannya seperti ketika Anda sedang bertaruh pada pertandingan Sepak Bola seperti klub mana yang akan menang antara Man United atau Valencia. Jika Anda melihatnya dengan cara seperti itu, hal ini bukanlah suatu bentuk investasi.

Saat berinvestasi, jangan pernah berpikiran hal yang sama dengan berjudi atau berspekulasi saat berinvestasi. Berinvestasilah berdasarkan pemahaman dan pengetahuan dari segala informasi relevan yang bisa Anda pelajari. Keputusan dalam investasi yang Anda ambil pula harus siap Anda pertanggung jawabkan menurut tingkat risiko dan berkomitmen pada investasi tersebut untuk sementara waktu.

Tidak Menjadikan Riset Sebagai Hal Kunci

Banyak hal yang menyebabkan orang bisa menderita kerugian dalam berinvestasi, salah satunya adalah karena tidak mempertimbangkan hal-hal penting dan menjadikannya sebagai sebuah riset. Alangkah baiknya, sebelum Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi, pastikan Anda sudah mencari, melakukan riset terhadap jenis investasi yang diminati.

Kemungkinan besar, riset yang dilakukan ini membantu investor untuk memahami instrumen atau produk investasi yang investor minati serta segala risiko yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dengan melakukan riset sebelum berinvestasi artinya Anda siap untuk mengambil risiko dan mengetahui peluang apa yang bisa Anda dapat.

Misalnya ketika Anda berniat berinvestasi di pasar saham, lakukanlah riset terhadap data perusahaan yang Anda minati, bagaimana perencanaan bisnis perusahaan hingga tingkat pasarnya.

Tidak Mempertimbangkan Jangka Waktu

Baiknya, pertimbangkan jangka waktu sebelum berinvestasi. Ada beragam jenis investasi yang memakan waktu beberapa periode agar pokok dana investasi yang Anda bayarkan bisa kembali sepenuhnya beserta bunganya.
Anda dituntut untuk berkomitmen dengan instrument investasi tersebut menurut jangka waktunya. Bila Anda saat itu sedang membutuhkan dana investasi tersebut dalam jangka waktu yangdekat, sebaiknya jangan investasikan dana yang Anda miliki itu seluruhnya.

Selain itu, apabila Anda memiliki target pencapaian dana dalam jangka waktu tertentu, misalnya menggunakan keuntungan yang diperoleh melalui investasi untuk membayar KPR di masa mendatang, maka memilih investasi dengan jangka waktu yang tepat dapat membantu Anda mewujudkan target jangka panjang Anda.

Tidak Mendiversifikasi Dana Investasi

Apabila seorang investor mengalokasikan seluruh dana investasinya pada satu tempat saja, maka sudah bisa dipastikan investor tersebut akan mengalami kerugian yang luar biasa apabila investasinya merugi.
Oleh sebab itu, diversifikasi adalah bagian sangat penting untuk dilakukan apapun instrumen investasi yang dituju. Selain dengan membagi tingkat risiko yang harus ditanggung oleh dana investasi, diversifikasi juga dapat memperluas peluang untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi.

Tidak Menyeimbangkan Keuntungan dengan Risiko

Kesalahan investasi terakhir yang ada dalam daftar ini adalah bahwa kebanyakan investor pemula lebih mengutamakan tentang pertimbangan pada keuntungan tanpa menganalisa terlebih dulu risiko yang ada di baliknya.

Padahal, setiap investasi pasti disertai dengan tingkat risiko. Semaki tinggi peluang untung yang ada biasanya semakin tinggi pula risikonya. Apabila sebuah jenis investasi menawarkan sebuah keuntungan yang menarik, Anda harus cermat untuk pertimbangkan juga risiko yang ada di baliknya.

Juga, hitunglah berapa nominal uang yang siap untuk Anda tanggung apabila investasi yang Anda punya mengalami kerugian. Dan perlu Anda ingat, jangan pernah untuk menginvestasikan nominal uang yang Anda sendiri tidak siap untuk kehilangannya apabila merugi.

Perlu untuk Anda ingat bahwa tidak ada keuntungan yang bisa di peroleh apabila tidak disertai dengan risiko yang harus ditanggung. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik dan seksama mengenai modal, keuntungan dengan risiko setiap kali Anda memutuskan ingin berinvestasi.

Itulah 5 kesalahan investasi yang sering dilakukan oleh investor. Dengan adanya artikel ini diharapkan Anda dapat terhindar dari kesalahan yang sama sehingga Anda sebagai investor bisa mengambil keputusan dengan bijak serta lebih terarah untuk mendapatkan keuntungan investasi yang lebih maksimal.
Demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply