Waspadai Penipuan KTA Tanpa Kartu Kredit

Harus diakui jika popularitas KTA tanpa kartu kredit sekarang ini semakin tinggi. Bahkan, pengajuan kta online jenis ini menjadi produk yang banyak dicari dan banyak diminati semua kalangan masyarakat .Alasannya, tentu saja karena keunggulan dan kemudahan yang dimilikinya seperti persyaratan yang tidak perlu menggunakan agunan dan kartu kredit. Karena, tak banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit.

Semua orang ingin proses kredit yang praktis serta cepat, sehingga KTA menjadi produk yang pas. Walaupun pengajuan kta online menjadi produk yang begitu diminati, tetapi bukan berarti Anda akan dengan mudah memperolehnya, karena tetap saja pihak bank harus melakukan sejumlah pertimbangan untuk menilai apakah Anda layak mendapatkan kredit tersebut atau tidak.

Biasanya, penipuan KTA tanpa kartu kredit membidik mereka yang begitu bersemangat mengajukan dana pinjaman. Mungkin Anda tak menyangka bila di luar sana ada begitu banyak orang yang menjadi korban penipuan KTA.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengajuan kta online, lebih-lebih tanpa menggunakan kartukredit, usahakan mencari informasi terlebih dahulu dengan lengkap. Berikut tips menghindari penipuan dengan kedok KTA.

Penawaran melalui sambungan telemarketing

Biasanya, telemarketing dari bank tertentu akan menghubungi nasabah terpilih untuk menawarkan sejumlah pinjaman. Harus diingat jika di sini nasabah terpilihlah yang akan dihubungi. Nasabah terpilih tersebut seperti memiliki tabungan dengan jumlah tertentu, atau memiliki track record yang baik.Namun, jika Anda tidak merasa memiliki sejumlah tabungan di bank tertentu dan tiba-tiba mendapatkan telepon dari telemarketing, inilah yang harus Anda waspadai.

Untuk menghindari penipuan dalam bentuk seperti ini, Anda bisa menolak penawaran kta cepat cair dengan cara menutup telepon dengan sopan. Anda bisa menjelaskan jika belum ingin mengajukan pinjaman di bank dalam jumlah tersebut. Namun, jika Anda membutuhkan KTA tanpa kartu kredit, usahakan mencari informasi lengkap di bank bersangkutan terlebih dahulu sebelum menyetujuinya.

Hindarimelakukanpengajuandari SMS berantai

Selain dengan sambungan telepon, salah satu cara yang dilakukan penipu untuk mendekati calon korbannya adalah dengan menggunakan SMS berantai. SMS tersebut berisi penawaran pinjaman dengan bunga yang sangat rendah dan mengatasnamakan koperasi tertentu. Nantinya, Anda akan diminta menghubungi salah satu nomor telepon yang sudah dicantumkan.

Jika Anda sudah menghubungi nomor telepon, Anda akan diminta mengirimkan data pribadi dan mengirim sejumlah uang sebagai alasan untuk biaya administrasi. Besarnya biaya tersebut beragam mulai dari Rp 200 ribu hingga jutaan. Setelah mengirimkan sejumlah uang, jangan senang dulu karena Anda tidak akan mendapatkan pinjaman tersebut namun penipu akan langsung memblokir nomor Anda.

Penawarandari Email

Bukan rahasia lagi bila pemasaran di zaman modern seperti sekarang ini sudah menggunakan surat elektronik. Namun jikatiba-tiba tanpa alasan yang jelas Anda diberi penawaran melalui email, jangan langsung percaya karena bisa saja itu adakah sebuah penipuan. Biasanya, penipu akan meminta sejumlah data diri. Hindari mudah tergoda dengan email yang sering diterima. Lebih-lebih bila menyangkut keuangan dan investasi.

Saat ingin mengajukan KTA tanpa kartu kredit, lebih baik cari informasi dengan lengkap terlebih dahulu, setelah itu pilih tempat yang benar-benar bisa dipercaya. Baik, secara online atau pun secara offline. Pastikan Anda memilih lembaga keuangan yang sudah terdaftar OJK. Bandingkan dengan baik biaya yang harus Anda keluarkan dan besarnya bunga yang menjadi tanggungan setiap bulannya.Jangan sampai Anda tertipu dengan bunga yang menggunung hanya karena tergiur dengan proses pengajuan kta online yang cepat.

Leave a Reply