Membangun Link building dengan Link Exchanges

Pada era 2011 link exchanges atau pertukaran link sangat di gemari oleh para blogger. namun semenjak tahun 2012 banyak kecurangan yang dilakukan oleh para blogger, mereka membuat link exchanges hanya untuk menyepam mesin pencari dan google, akibatnya pada tahun ini link exchnges diendus oleh google dan dinyatakan kalau link exchanges adalah usaha menyepam mesin google sejak di updatenya algoritma hummingbird, lalu bagaimana komunitas link exchanges untuk sekarang apakah masih baik untuk membuat link building? atau malah sebaliknya? berikut ini pejelasan saya tentang link exchanges yang marak terjadi.

Pertukaran link sebenarnya bik selain menjalin komunitas blogger pertukaran link juga akan berdampak baik untuk memperkuat seo dan juga tidak kalah pentingnya saling bertukaran traffic, ini yang menjadi poin pertama namun semenjak tahun 2012 pertukaran link atau link exchanges ini tercium hanya untuk menyepam saja. karena para blogger tidak melihat dan terkesan hanya memanfaatkan, bagaimana tidak, banyak kasus yang saya lihat bahwa pertukaran link untuk sekarang jauh dari kata relevan atau tidak sama-sama topik dengan blog mereka, hal inilah yang sering di katakan oleh matt cuts dalam video webmaster.
Membangun Link building dengan Link Exchenges-buka info
Selain hal itu link exchanges juga akan membuat traffic blog bocor atau tidak lagi mempunyai reputasi yang baik, seperti yang kita ketahui pemilik situs yang mempunyai pagerank tinggi biasanya akan kebocoran pagarank mereka ketika melakukan pertukaran link. untuk itu link exchanges sangat di benci oleh mesin pencarai terutama google.

Kembali menguak sejarah link exchanges, konon pertukaran link bisa merampingkan alexa rank, namun setelah blogger melakukan hal ini tidak ada efek yang dia dapat bahkan alexa rank tidak mempan untuk di turunkan hanya dengan melakukan link exchanges. entah dari mana asalnya argumentasi yang tidak valid ini bisa beredar dikalangan para blogger waktu itu.

Masih berkaitan dengan pertukaran link, setelah saya cermati dan melihat reputasi link exchanges dengan berkomentar pada blog lain masih lebih baik berkomentar di blog nyatanya dengan membuat komentar pada blog saya melihat backlink mengalir dengan baik dan natural dari pada melakukan link exchanges baca postingan: Mendapatkan Backlink dengan Berkomentar diBlog, apakah ini benar? silahkan anda monitor sendiri.

Terus bagaimana apakah link exchanges masih berdampak baik untuk seo? saya kira masih baik namun kalau anda memperhatikan:

1. Perhatikan kualitas situs yang akan anda ajak bertukaran link, apakah mempunyai reputasi baik di seacrh engine atau sebalik. kalau sebaliknya jangan anda lakukan karena akan merusak prioritas seo anda dan dampakanya pagerank anda akan turun.
2. Topik blog yang anda ajak bertukaran link haruslah relevan karena kalau anda sembarangan melakukan link excanges maka blog anda akan di nyatakan penyepam. ini perlu sekali anda perhatikan.
3. Kualitas konten dari situs yang anda ajak pertukaran link juga menjadi pertimbangan, karena kalau konten mereka berkualitas rendah maka pertukaran link yang anda dapat tidak akan membuahkan hasil bahkan bisa menurunkan rank situs anda.

Itulah 3 poin yang harus anda perhatikan untuk melakukan link exchanges atau tukaran link. ingat link building lebih mengacu pada hal-hal yang natural bukan dari hal hanya kepentingan anda sendiri, karena kalau kepentingan anda sendiri bisa di pastikan kalau anda hanya berusaha untuk menyepam, banyak orang berburu traffic namun google selalu melihat bagaimana praktek mereka lakukan, perlu anda ingat sekali anda melakukan kesalahan dengan google maka blog anda akan susah untuk di index oleh google, ingat…!!! kompetitor anda sudah siap untuk menggeser posisi anda kapan saja.

4 Comments

Leave a Reply