Apa itu CDN? : Mengapa dibutuhkan Blog WordPress

Kita sering kali mendengar tentang CDN, namun untuk keseluruhan mengapa blog wordpress membutuhkan CDN untuk menangani masalah yang mungkin saja terjadi, bukankah server hosting sudah bisa melakukan itu semua? Sering kali saya mendengar tentang hal ini dari beberapa teman di forum, rupanya belum banyak yang tahu tentang “content delivery networks” ini. Banyak yang menyebut bahwa dengan menggunakan CDN maka loading website akan lebih cepat, ada yang mengatakan lagi kalau menggunakannya akan membuat blog wordpress makin lambat. 2 versi ini mungkin bisa membingungkan kita. Dari pada berdebat saya coba jelaskan tentang apakah CDN itu & apakah perlu untuk blog wordpress? Berikut ini penjelasannya yang harus Anda ketahui

Apakah CDN itu?

CDN adalah singkatan dari Content delivery networks merupakan jaringan server yang memberikan konten statis cache dari situs kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis dari pengguna. Jadi penjelasan tentang ini sudah bisa kita terima, bahwa fungsi CDN bisa menjadi salah satu alternatif gunakan mempercepat loading blog wordpress. Mungkin ini belum begitu jelas, berikut ini pengertian sederhananya

Biasanya ketika pengguna datang ke blog wordpress hosting Anda, mereka diarahkan ke server web host . Server web host Anda berada di sebuah lokasi misalnya di jakarta. Jadi setiap pengguna di situs web Anda mengakses server yang satu ini untuk melihat website Anda. Sekarang jika Anda memiliki volume lalu lintas yang tinggi, maka secara tidak langsung dapat membebani server yang mengarah ke situs pada akhirnya situs akan lambat atau bahkan akan terjadi server crash. Di sinilah peran CDN berguna untuk jaringan server hosting. Bila Anda menggunakan CDN, konten statis cache yang disimpan pada semua server. Konten statis termasuk gambar, stylesheet (file css), javascripts, Flash, dll. ketika pengguna mengunjungi situs (server asli), teknologi CDN mengarahkan mereka ke server terdekat dengan lokasi mereka.

Sebagai contoh: Jika Anda menggunakan server hosting di indonesia kemudian ada pengguna mengakses dari amerika, maka mereka akan diarahkan ke server terdekat yang mungkin berada di Amerika. Jadi peran dari CDN ini sangat membantu blog wordpress agar tidak terjadi masalah ketika pengguna mengakses situs Anda. Dengan mengerahkan konten Anda di beberapa server secara geografis, Anda sudah membuat halaman yang dimuat lebih cepat dari perspektif. Ini jika Anda menggunakan CDN. Dengan kata sederhana, semakin dekat server CDN dengan pengguna, maka semakin cepat pengguna mendapatkan konten. Ini bentuk penjelasan sederhana dari content delivery networks.

Mengapa kita membutuhkan CDN

Jika sudah membaca artikel atas, maka dapat menarik kesimpulan yang jelas bahwa memiliki CDN dapat membuat dampak besar pada website & berikut ini adalah beberapa keuntungan ketika kita menggunakan CDN:

  1. Kecepatan – Dengan menggunakan layanan cdn for wordpress kini situs akan lebih cepat dimuat.
  2. Kecelakaan Resistance – content delivery networks memungkinkan kita untuk mendistribusikan beban ke beberapa server dari lalu lintas 100% ke server utama sehingga membuatnya cenderung crash.
  3. Peningkatan Pengalaman Pengguna – Dengan teknologi terbaru content delivery networks ini sudah bisa dipastikan akan meningkatkan pengalaman pengguna. Bounce rate akan akan semkain kecil.
  4. Peningkatan SEO – Google telah mengatakan bahwa situs lebih cepat cenderung memiliki peringkat lebih tinggi di Search Engine.

Itulah penjelasan tentang apakah cdn itu & manfaat apa yang akan terima setelah menggunakannya. poin penting dari artikel ini sendiri adalah untuk mempercepat loading situs selain menggunakan plugin cache atau hosting unlimited.

2 Comments

  1. Kasamago
  2. Chris

Leave a Reply