Mengenali Situs Terkena Dampak Penalti Google

Mengenali Situs kena dampak penalti google adalah cara cerdas seorang pemilik blog, kalau anda tidak tahu akan hal ini maka website anda akan benar-benar terkena penalti google, banyak pemilik situs yang tidak tahu akan hal ini, namun dengan tulisan ini semoga anda akan mengenalnya lebih dalam lagi. sejalannya algoritma google yang sering di update memang mengoreksi SERP dari artikel adalah hal mutlak yang harus anda lakukan kalau anda tidak cukup cerdas maka anda akan benar-baner dalam keadaan kurang baik.

Salah satu cara mengenali ciri-ciri situs terkena penalti google sebagai berikut:

1. Situs anda berada di situasi yang kurang baik di serp baik menggunakan keyword atau menggunakan nama blog anda, pastikan anda cek semua baik brand maupun keyword.
2. Ketika anda mencari brand situs anda di serp pasrtikan yang muncul pertama kali adalah nama situs anda bukan artikel anda yang menempati peringkat pertama.
3. PageRank turun secara signifikan.
4. Halaman Homepage (nama blog di pencaraian) anda tergeser dengan blog lain.
5. Halaman anda terhapus dari cache google.
6. terakhir anda cari dengan cara “site:domainanda.com” tidak nampak atau hilang dari pencarian.

Kalau anda mendapati gejala-gejala diatas maka anda benar-benar dalam keadaan kurang baik dan harap-harap cemas karena kemungkinan situs anda akan menerima sanksi atau penalti dari google, dan langkah yang harus anda lakukan adalah :
Mengenali Situs Terkena Dampak Penalti Google
⇒  Lihat Duplikat Konten
Apakah terlihat ada duplikat konten dalam penulisan artikel anda, seperti yang sudah kami katakan di postingan Hati-Hati dengan Duplikat Konten untuk SEO karena kalau artikel anda masih terdapat duplikat konten secara berangsur posisi situs anda akan menurun secara signifikan kalau hal ini tidak anda atasi dengan segera maka anda akan mendapatkan penalti google, untuk melihatnya anda bisa menggunakan tool dari copyscape, ini tool yang bagus untuk melihat duplikat konten yang sedang berlangsung di semua artikel anda.
⇒  Eror 404
Tidak bisa dipungkiri kalau halaman anda terdapat eror 404 maka blog anda akan dikenai sanksi penalti google. selalu memperhatikan hal ini karena kalau anda biarkan besar kemungkinan blog anda akan dianggap spam oleh googel, untuk itu silahkan hapus URL atau Link yang mati di webmaster tool google, dengan ini, robot bot google tidak akan mengcrawling url situs ada yang rusak sekaligus akan mencegah kemunculannya di SERP.
⇒  Hindari Pad Link atau Membeli Link.
Google tidak suka dengan praktek pembelian link sejak adanya algoritma hummingbird, karena seperti yang kita ketahui pada tahun 2014 ini google selalu memperhatikan pengalaman pengguna dari pada memilih situs, untuk itu berhentilah untuk membeli link agar situs anda tidak terkena sanksi google.
⇒  Praktek KeyWord Stuffing
Beberapa bulan yang lalu saya sudah membahas hal ini, lihat postingan Apakah Keyword Stuffing? Baikkah Untuk SEO? silahkan kunjungi dan baca kalau anda belum paham karena kalau anda terus menerus menggunakan dan mempraktekkan maka anda akan di anggap menyepam oleh google dan sebagai akibatnya maka anda akan terkena penalti google, untuk itu hindari hal ini.
⇒  Tidak adanya Sitemap.
Sitemap memang penting sekali karena sitemap adalah url alamat yang akan mempermudah google bot untuk mengetahui sekligus untuk memantau update website anda, mengingat pentingnya sitemap maka anda harus memperbarui sitemap agar blog anda cepat terindex sekaligus menghindari sanksi google.
⇒  Mencuri Konten
Yang ini telah lama menjadi incaran google terutama pada update algoritma panda v.4 kalau konten atau artikel anda masih menggunakan konten orang lain, anda jangan pernah berharap untuk aman dari google karena google dan webmaster yang lainnya sedang gencar-gencar berkampanye untuk memerangi situs pencurian konten, untuk pengguna wordpress anda bisa menggunakan plugin WP COPY PROTECT untuk mengantisipasi adanya pencurian konten dalam blog.
⇒  Berlebihan dalam menggunakan tag H1
Anda harus perhatikan hal ini karena kalau anda berlebihan dalam menggunakan tag H1 makan anda akan mendapatkan penalti google karena google menilai situs anda dari tag kalau anda menggunakan tag H1 yang berlebihan apalagi tag yang anda terapkan tidak adanya kata-kata yang relevan dengan postingan anda maka anda akan mendapatkan tindakan yang serius dari google.
⇒  Link dari situs Bahasa Asing.
Banyak kasus situs yang mendapatkan link dari bahasa asing berdampak tidak baik, jadi hanya gunakan backlink dari bahasa lain hanya seperlunya saja jangan pernah anda membangun backlink yang berlebihan dengan situs dalam berbahasa lain agar blog anda tidak mendapatkan sanksi dari google.
⇒  Eksternal Link Yang tidak Relevan.
Kalau anda ingin menghubungkan situs anda ke blog lain perhatikan hal ini karena kalau eksternal link tidak diciptakan dengan kata relevan maka google tidak akan menganggap blog anda mempunyai posisi yang baik bahkan kemungkinan besar blog anda akan di hapus dari pencarian google.
⇒  Situs anda Sering Down
Memang google tidak akan suka dengan situs yang sering down dampaknya blog anda akan susah untuk di index, kita bisa lihat di webmaster tool kalau server blog anda selalu down maka google sering kali memperingatkan anda untuk memperbaikinya, selain menyebalkan bagi webmaster server yang sering down juga akan menyebalkan bagi pengunjung, untuk itu kalau anda masih menggunakan server gratisan silahkan anda berpikir kapan waktunya anda untuk membeli server yang baik, saran kami baca postingan : Pertimbangankan 5 hal ini Sebelum Memilih Hosting.
⇒  Menyembunyikan Link atau Keyword.
Hidden Keyword adalah praktek memanipulasi search engine kalau ini terus anda gunakan maka anda berhak mendapatkan penalti google, cara ini adalah praktek black hat seo, baca postingan ini : Black Hat Seo : Apa Itu Hidden keyword frase?
⇒  scads Anchor Teks
Penempatan anchor teks atau jangkar teks yang berlebihan akan mendapatkan sanksi google apalagi kalau anchor teks yang anda ciptakan/buat tidak relevan dengan konten anda, dampaknya google akan menganggap kalau situs anda di ciptakan hanya untuk memanipulasi mesin pencarai saja dan hal ini tidak akan pernah di sukai oleh google maupun mesin pencari yang lainnya.
⇒  Link Exchanges
Banyak yang berpendapat kalau link exchange adalah cara mendapatkan backlink yang baik dari blog lain, namun sekarang ini link exchanges sudah tidak mempan untuk mendongkrak seo, apalagi kalau pertukaran link dari blog yang tidak relevan maka praktek ini hanya menimbulkan sanksi dari google, berhentilah dengan hal-hal seo yang kuno.
⇒  Banyak Menggunakan Link Afiliasi.
Banyak yang beranggapan kalau link affiliasi sangat bagus untuk seo namun sebaliknya google akan menindak tegas adanya hal ini baik blog yang menggunakan link affiliasi maupun pemanfaat semuanya akan memperburuk serp.
⇒  Loading Blog yang Lambat.
Selain tidak disukai oleh pengguna blog yang berat akan susah untuk di index oleh google, untuk itu pertimbangkan hal ini, karena google sendiri tidak akan menempatkan blog yang berat dalam barisan serp yang baik, ingat google selalu memperhatikan pengalaman pengguna.
⇒  Web Spam
Anda harus perhatikan hal ini karena kalau anda tidak memperhatikan hal ini makan blog anda akan hilang dari pagerank serta akan menurunnya serp situs anda, biasanya hal ini tidak diketahui oleh pemilik blog atau memang sengaja alih-alih mendapatkan backlink yang baik namun dia tidak sadar kalau backlink diciptakan dengan membabi buta maka akan berdampak kurang baik di mata google. hindari praktek berkomentar dengan menggunakan anchor teks yang berlebihan dan perhatikan juga komentar situs anda kalau masuk ke dalam komentar spam jangan pernah anda approve karena akan fatal akibatnya.

itulah langkah-langkah yang harus anda ambil ketika situs anda berada dalam gejala terkena penalti google, kalau hal ini tidak anda ketahui sedini mungkin maka anda akan kehilangan kepercayaan anda di mata google, semoga artikel ini membantu anda untuk menjadi baik lagi dalam mengelola situs web atau blog.

5 Comments

  1. afrid fransisco

Leave a Reply