Merencanakan dan Mengukur Kebutuhan Renovasi pada Apartement

Mungkin saat ini kamu sedang berencana melakukan renovasi sewa apartemen di jakarta seperti mengubah desain interior lama menjadi apartemen dengan desain interior yang kamu desain sendiri atau misanya kamu ingin mengubah layout apartemen yang lama atau mengubah furniture yang sudah disediakan dengan furniture baru. Tapi untuk melakukan semua itu kamu harus merencanakan dulu segala sesuatunya dengan matang. Untuk menentukan kebutuhan ruang hanya kamu dan keluarga kamu yang tau betul dan memahami kebutuhan ruang apa saja untuk seluruh keluarga yang berada pada apartemen tersebut. Jika kamu ingin mengubah apartemen yang luasnya terasa sempit menjadi apartemen yang spacious, ada beberapa daftar yang harus kamu catat seperti apa saja yang diperlukan dan berguna untuk keluarga.

Jika apartemen yang kamu tempati tersebut adalah apartemen milik sendiri merencanakan terlebih dahulu adalah hal yang penting, karena ketika kamu ingin merenovasinya ini merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan masa depan, sehingga jangan ada yang salah dan tidak pas. Selain itu perencanaan dan perancangannya harus direncanakan juga hingga beberapa tahun ke depan. Apabila kegiatan renovasi sebelumnya sudah direncanakan dengan matang, pekerjaan renovasi yang melelahkan ini tidak akan mengganggu lagi di kemudian hari karena proses renovasi yang tepat dan terencana. Untuk menentukan sebarapa besar kebutuhan melakukan renovasi, kamu harus membuat daftar ruang yang dibutuhkan. Setelah daftar seluruh kebutuhan ruang didapat, buatlah seleksi atau daftar prioritas. Ruang yang paling dibutuhkan berada di nomor 1, dan seterusnya hingga yang paling tidak penting atau tidak mutlak dibangun.

Setelah daftar kebutuhan ruang dan prioritasnya selesai dibuat, kamu perlu menghitung luas masing-masing ruang agar nantinya bisa mendapatkan hasil akhir luas ruangan yang baru, selanjutnya untuk menghitung luas masing-masing ruang, ada cara mudah yang bisa kamu gunakan. Jumlahkan luas permukaan furniture atau perabot yang biasanya digunakan diruangan tersebut ditambahkan dengan area sirkulasi dan fungsinya, misalnya bukaan pintu atau maju mundur kursi. Sirkulasi harus diperhitungkan karena bagaimanapun kamu dan keluarga memerlukan ruang gerak untuk berjalan dan beraktifitas. Sehingga penataan apartemen pun tidak hanya terlihat indah tapi juga tidak sumpek dan sempit.

Leave a Reply