Pengertian Cloud Hosting Dan Cara Kerjanya

Tahukah anda tentang Cloud Hosting? Baru-baru ini dunia blogging memang sedang di ramainkan dengan salah satu provider hosting terbaik ini. Mengapa tidak jika di hosting sebelumnya anda hanya akan mendapatkan beberapa kemudahan maka jika anda beralih menggunakan cloud provider hosting maka banyak kemudahan yang bisa anda dapatkan. Dari berbagai kemudahan yang semakin meningkatkan aktivitas blogging anda, maka banyak blogger yang lebih memilih menggunakan cloud hosting jika di banding dengan web hosting lainnya. Kini bagi anda yang masih awam dalam dunia perbloggingan maka tak perlu kuatir karena pada pembahasan artikel kali ini akan berbagi informasi mengenai pengertian cloud hosting dan juga cara kerja cloud hosting secara lebih lengkap.

Pengertian Cloud Hosting

Cload hosting merupakan sekumpulan dari beberapa server yang terdapat di dalam jaringan yang besar atau bisa juga di katakan sebagai network PEER yang kebanyakan telah menggunakan teknologi berbasis SAN atau Storage Area Network sehingga lebih mudah di gunakan jika di bandingkan dengan jenis server yang masih Stand Alone. Secara garis besar cloud hosting juga dapat diartikan sebagai pengurangan terhadap beban puncak atas pengolahan blog yang telah anda lakukan. Dengan penggunaan hosting berjenis ini maka aktivitas blogging yang di lakukan akan semakin mudah tanpa takut menghadapi berbagai masalah yang kerap terjadi seperti bandwidth dan dapat mengurangi juga terjadinya downtime saat adanya kerusakan pada server.

Dari penjelasan di atas tentu memilih cloud hosting untuk bisnis online anda tentu akan semakin mudah dan dapat meningkatkan kualitas web dan juga blog anda. Dengan kelebihan cara kerjanya yang menggunakan banyak server, tentu jika ada salah satu server yang tidak berjalan, tentu server lain akan menggantikan fungsinya sehingga tak takut lagi jika ebebrapa masalah akan terjadi di aktivitas blogging anda. Contoh yang paling nyata yang sudah membuktikan jika cloud hosting memiliki kelebihan adalah mesin pencarian nomor satu yaitu Google. Meskipun Google sudah menggunakan ratusan hingga ribuan hosting namun Google belum pernah mengalami masalah seperti downtime selama beberapa dekade terakhir ini.

Cara Kerja Dari Cloud Hosting

Cara kerja cloud hosting yang memiliki tugas utama sebagai pengganti jika server lain mengalami gangguan. Ini artinya jika saat satu server tidak berfungsi maka fungsi tersebut akan di gantikan oleh server lain dan menyediakan sumber daya yang di perlukan. Hal ini tentu sangat mengantisipasi jika suatu waktu server tidak berfungsi atau megalami downtime maka server lain akan menggantikan server tersebut. Tidak hanya itu saja, tugas cloud hosting juga dapat mengurangi terjadinga kasus overloading atau yang sering di sebuat dengan kelebihan beeban yang menyebabkan kecepatan suatu web atau blogh menjadi lambat. Tentu dari cara kerja di atas untuk mendukung kinerja cloud hosting juga di butuhkan sebuah perangkat hardware server yang lebih berkualitas agar mampu menjalankan setiap tuganya dengan baik.

Penggunaan cloud hosting memang memiliki banyak kelebihan jika di bandingkan dengan menggunakan hosting yang memiliki satu server saja. Berbagai kelemahan yang sering terjadi tentu akan di imbangi dengan penggunaan cloud hosting yang akan menutupi setiap kasus yang terjadi. Namun, selain memiliki banyak kelebihan tentu penggunaan cloud hosting juga di imbangi dengan biayanya yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan penggunaan dedicated server. Namun semua itu harus di sesuaikan dengan target dan kebutuhan anda dalam menjalankan atau membangun sebuah blog atau web tertentu.

2 Comments

  1. ifoel 04/05/2017
  2. Kang Miftah 04/05/2017

Leave a Reply