Penyebab Utama Turunnya Traffic Pengunjung

Pernahkah anda membayangkan ketika website atau blog mempunyai traffic tinggi dengan pengunjung yang luar biasa. bisa dikatakan traffic lagi di atas angin. inilah salah satu sekian banyak pemilik sekaligus pengelola website. dengan traffic yang tinggi tentunya akan menguntungkan sekali apalagi kalau anda bergerak dalam bidang penjualan meski terkadang yang berminat dengan produk anda dari sekian persen namun itu sudah membuat hati kita berseri-seri tentunya. tidak hanya penjualan produk, blog yang meraup hasil dari iklan tentu sangat senang juga selain ngeblog merupakan hobbi apalagi menghasilkan uang, ini sungguh menjadi salah satu idaman bagi semua pemilik situs.

Bicara tentang traffic pengunjung tentu saja posting atau artikel yang kita tulis mendatangkan lalu lintas dari search engine sangat tinggi. kemungkinan hampir 50% postingan mendapatkan halaman satu. inilah yang kita harapkan, namun apakah dapat traffic kita turun secara tiba-tiba? tentu saja bisa kapanpun itu. jikan sudah begini yang pasti anda akan galau, pusing, ingin menangis dan bahkan bunuh diri ( kalau yang ini jangan lakukan karena blog bukan pacar 😀 ). kita boleh senang dengan traffic yang melimpah namun anda juga harus siap untuk terjun bebas. karena bukan tidak mungkin traffic pengunjung akan lenyap dalam hitungan hari. inilah kendala yang sering di hadapi oleh pemilik blog atau website. untuk itu sebelum kita terjun bebas sebaiknya pahami dulu beberapa penyebab turunnya traffic pengunjung berikut ini:

Penyebab Utama Turunnya Traffic Pengunjung

Tidak Konsisten dalam Membuat Konten

Penyebab pertama adalah tidak teratur dalam mengelola update artikel. hal ini sering menjadi pokok pembahasan, melihat lonjakan pengunjung blog saya tidak yakin kalau anda tidak update. pastinya kalau traffic pengunjung tinggi kita akan ekstra update bahkan bisa di katakan kalau biasanya update seminggu tiga atau dua kali namun ketika melihat lonjakan traffic update artikel lebih ekstra bahkan dalam sehari bisa membuat konten sebanyak lima kali. ini yang sering saya temukan, ya kita maklumi saja karena yang di harapkan dalam mengelola situs adalah traffic tanpa adanya traffic bisa di ibaratkan punya tubuh tapi tidak mempunyai urat nadi.

Apakah hal ini berpengaruh akan menambah banyak traffic? tidak akan menambahkan traffic makin tinggi karena kita tidak tahu penyebab lonjakan tersebut dari mana datangnya bisa karena perubahan algoritma atau yang lain, pada umumnya lonjakan ini disebabkan oleh perubahan algoritma itu yang pasti. nah bicara tentang konsisten tentu saja berkaitan dengan penjadwalan. ini yang sering tidak kita perhatikan. dan penyebab utama turunnya traffi pengunjung adalah anda tidak pernah menjadwalkan posting artikel. ini salah satu penyebab traffic akan turun. lalu apakah kita harus update setiap hari? tidak karena itu bukan pilihan yang terbaik namun seperti yang saya katakan adalah berlaku konsisten beri jadwal dalam membuat artikel, karena kalau kita terburu-buru untuk membuat konten biasanya konten yang di hasilkan tidak mempunyai kualitas dan tidak mempunyai nilai bobot yang tinggi. seperti yang sudah saya katakan berlaku konsisten adalah jalan terbaik. untuk mendapatkan traffic pengunjung secara signifikan. selain konten yang mempunyai bobot tinggi tentunya frase keyword yang dihasilkan akan lebih baik dan akan menemui sasaran yang tepat. inilah yang sering di lupakan oleh para pemilik blog atau situs web.

Sering Mengganti Template

Untuk anda yang sering ganti template seharunya anda berpikir dulu sebelum anda mengganti template karena tidak semua template mempunyai atribut SEO On Page yang baik. template yang user adalah template yang ringan, mempunyai struktur meta tag yang tepat dan penggunaan heading yang pass. kita tidak tahu mana yang di sukai oleh mesin pencari namun setidaknya anda mengutamakan untuk membuat atau memilih template yang sesuai dengan SEO. banyak orang yang tidak puas dengan tampilan blog mereka karena tidak bagus, kurang terang atau sebagainya. ini pemicu terjadinya penyebab utama turunnya traffic pengunjung. sebagai saran dari saya silahkan baca halaman Kriteria Template SEO Friendly.

Banyaknya Backlink Yang Tidak Wajar

Untuk yang ketiga ini yang lebih tahu anda pribadi karena untuk membuat backlink hanya anda saja yang bisa melakukan. banyak yang mengatakan kalau backlink ini sangat perlu dan harus di cari, tapi jangan salah karena kalau terlalu banyak backlink yang kurang baik maka mesin pencari seperti google akan mengira bahwa backlink yang anda ciptakan hanyalah usaha untuk memenipulasi mesin pencari, akhirnya anda mendapat pinalti dari google. ini sangat di sayangkan sekali. karena rasa terburu-buru dan tidak melihat beberapa sebab akhirnya traffic blog anda terjun bebas. ini salah satu penyebab juga turunnya traffic pengunjung yang berujung pada pinalti.

Menempatkan Iklan Yang Berlebihan

Berharap ingin mempunyai penghasilan dengan cepat dari blog namun salah dalam mengartikan. hal ini sangat di sayangkan, karena kalau anda menempatkan iklan berlebihan kemungkinan besar pengunjung tidak mau membaca bahkan melihat blog anda. kembalikan kepada anda sendiri saat anda berkunjung di situs yang mempunyai banyak iklan, apalagi kalau iklan tersebut iklan pop up. hal ini sangat menjengkelkan sekali. dan apakah anda tahu bahwa hal ini sangat tidak di sukai oleh pengunjung. semua pengunjung akan enggan untuk berkunjung karena mereka tahu bahwa blog anda terlalu banyak iklan. untuk hal ini tempatkan iklan sewajarnya saja, tujuan utama membuat situs website adalah pengunjung seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa website yang tidak berpengunjung di ibaratkan punya tubuh tapi tidak punya urat nadi.

Tidak Mempunyai Artikel Pilar

Untuk kesekian kalinya saya mengatakan bahwa artikel adalah salah satu penyebab utama datangnya traffic. artikel pilar ini tidak bisa anda anggap remeh karena untuk menciptakan artikel pilar ini bukan di ciptakan hanya dalam waktu beberapa detik namun berjam-jam untuk membuatnya. artikel inilah yang nantinya akan membawa dampak baik untuk kelangsungan website anda, banyak pakar seo mengatakan untuk sesekali membuat artikel pilar karena artikel pilar bisa menupang pada artikel-artikel lainnya dalam satu website. inti dari membuat artikel pilar adalah mendatangkan pengunjung dari lalu lintas. ingatlah bahwa konten adalah raja, setiap artikel harus di ciptakan berdasarkan beberapa penelitian dan keyword yang pass, tanpa ada unsur ini kemungkinan besar traffic pengunjung akan turun. baca halaman: cara membuat konten SEO

Loading Blog yang Lambat

Penyebab utama turunnya traffic pengunjung karena lambatnya laoding blog saat dimuat atau loading blog yang berat. ini sangat mungkin sekali penyebab turunnya traffic karena setiap pengunjung datang ke situs anda harus menunggu loading yang lambat akhirnya mereka meninggalkan blog anda tanpa harus membaca bahkan melihat, kalau anda seorang publisher tentu ini akan mengahambat penghasilan anda karena setiap kali pengunjung datang tidak akan melihat iklan anda dan efeknya bukan hanya terhadap pengunjung tapi juga cara mengindeks mesin pencari akan terlalu lama untuk meng-crawling konten. untuk itu baca halaman cara mempercepat loading blog.

Itulah beberapa penyebab utama turunnya traffic pengunjung, yang terpenting untuk mengantisipasi hal ini adalah jangan pernah untuk mendatangkan pengunjung dengan cepat karena kalau kita tidak mempunyai konten yang baik maka besar kemungkinan website yang kita bangun tidak akan bertahan lama. yang perlu kita ingat adalah semua tulisan karya kita adalah hanya untuk pengunjung. jadi sudah sewajarnya kita bisa mensajikan pengunjung dengan sebaik-baiknya, carilah pengunjung setia dan jangan mencari pengunjung hanya sesaat.

2 Comments

  1. larissa

Leave a Reply