Perubahan Algoritma Google Panda, Penguin dan Hummingbird

Kalau kita membahas tentang algoritma google tentu saja kita akan bosan dan belum lagi bagaimana caranya untuk bisa menyesuaikan situs kita agar bisa di terima oleh algoritma google, bagi kalangan penikmat seo algoritma dan seo adalah tantangan yang tidak bisa di anggap remeh, mungkin bisa saya katakan bahwa ahli seo harus pandai untuk meriset perkembangan pada google, perlu kita ketahui ketika ada perubahan pada algoritma, google tidak langsung memberitakan hal ini karena kalau berita ini langsung di terbitkan maka pasti banyak kalangan seo pro dan kontra, untuk itulah sebenarnya google selalu menyembunyikan tentang update algoritma.

Sebelum kita beranjak kepada algoritma sebaiknya kita pahami dulu apa itu algoritma. Algoritma adalah sistematik yang rumit yang di kembangkan oleh beberapa pakar seo dan di aplikasikan dalam bentuk pencarian, pada dasarnya algoritma di ciptakan untuk menampilkan apa yang di minta oleh pengguna internet dan hasilnya disuguhkan kepada pengguna juga, tidak hanya untuk mensajikan permintaan saja, algoritma juga berfungsi untuk mengatur dan semua hasil penemuan pada website, jadi bisa dikatakan hal ini sangatlah rumit. intinya algoritma adalah otak dari pada google bot.

Perubahan Algoritma Google Panda, Penguin dan Hummingbird-buka info

Revolusi pertama kali diperkenalkan oleh google ketika itu namanya google kafein, sejak itulah google terus berusaha dan berinovasi pada mesin pencarinya,  terbukti dengan beberapa update algoritmanya yaitu panda, penguin dan yng terakhir adalah hummingbird yang masih di rasakan oleh beberapa blog ketika di update.

Saya akan mengambil poin dari semua algoritma google dan silahkan anda pahami lebih dalam agar blog anda aman, tidak takut dengan algoritma google serta disukai oleh google, saya akan menguak pada algoritma panda dahulu karena panda merupakan algoritma pertama kali yang di terbitkan oleh google.

A. Algoritma Google Panda

Di kenalkan pada 23 Februari 2011, dampak pertama kali algoritma panda sangat mempengaruhi serp dan banyak kalangan seo yang protes tentang algoritma panda pasalnya banyak website dibuang jauh dari serp dan bahkan ada beberapa webite di hapus dari serp, saat itu pakar seo berpikir bahwa panda bekerja untuk menghentikan backlink yang tidak wajar namun anggapan itu tidak benar karena panda di update untuk menyeleksi kualitas konten pada situs, hal ini menimbulkan kecaman yang hebat karena algoritma ini sangat membabi buta semua artikel yang tidak berkualitas dan artikel yang di ambil dari hasil copy paste.

Banyak pertanyaan yang di ajukan pada algoritma panda akhirnya dari pihak google mengutarakan tentang algoritma panda poinnya adalah :

1. Situs yang mempunyai konten kualitas rendah tidak akan menempati pada serp yang baik karena panda berfokus pada konten di sajikan untuk pengalaman pengguna, faktor untuk mengembalikan dampak dari algoritma panda adalah dengan membuat konten unik dan hanya untuk pengalaman pengguna, pada tahun ini panda juga memberi dampak sangat besar pada update panda v.4. untuk itu silahkan perbaiki situs anda agar bisa diterima lagi oleh google.

2. Duplikat Konten adalah salah satu situs hanya mensajikan kualitas konten rendah, pada update panda kualitas konten dan duplikat konten sangat di perhatikan, banyak beranggapan bahwa duplikat konten adalah hal biasa namun sebenarnya duplikat konten adalah salah satu hal yang tidak disukai oleh pengguna internet, artikel akan terkesan sangat menjenuhkan dan tidak menambah pengalaman pengguna yang baik, untuk itu pastikan bahwa konten anda tidak terdapat adanya plagiaris atau duplikat konten.

3. Konten Lemah : banyak kasus konten hanya berfokus pada mesin pencari adalah incaran algoritma panda, karena konten yang berfokus pada masin pencari mereka bertindak hanya untuk mendatang trafik saja tanpa memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Untuk bisa keluar dari jeratan panda hal yang harus anda lakukan perbarui situs anda hanya untuk pengalaman pengguna seperti yang sudah saya sampaikan bahwa algoritma panda lebih berfokus pda konten.

 

B. Algoritma Google Penguin

Algoritma google berikutnya yaitu penguin dan di luncurkan pada tanggal 24 April 2012. Penguin di luncurkan untuk memfilter pada situs yang mempunyai backlink tidak wajar untuk mengambil keuntungan dari google, saat itu memang banyak situs hanya berusaha menyepam saja tanpa harus mensajikan pengalaman pengguna.

Banyak situs yang di sapu oleh google penguin saat itu karena mereka terang-terangan memborbardir backlink secara brutal, tanpa melihat kualitas dan relevansi backlink. tidak bisa di pungkiri kalau backlink adalah hal seo yang di perlukan oleh situs namun maraknya spamming  google makin resah dan akhirnya google update algoritma penguin.

Penguin adalah filter seperti algoritma Panda. Artinya adalah algoritma tersebut kembali berjalan secara periodik dan terakhir di upadate pada 4 Oktober 2013. bagaimana cara menghindari dan pulihdari algoritma penguin :

1. Buatlah backlink natural dan wajar sesuai dengan kebutuhan situs anda, memberi backlink yang tidak wajar akan membuat situs anda masuk dalam list algoritma panda.

2. Perhatikan otoritas domain anda untuk membuat backlink karena otoritas domain adalah ukuran atau barometer google, kalau backlink dan otoritas domain terdeteksi tidak wajar maka bisa di pastikan situs anda akan menjadi incaran algoritma penguin.

3. Backlink yang relevan adalah acara keluar dari jeratan penguin, karena banyak situs yang tidak memperhatikan hal ini mereka tidak pernah tahu bagaimana caranya membuat becklink relevan, sebetulnya mudah namun mereka kemungkinan besar tidak mau untuk menggunakan metode ini, karena memang membuat backlink yang relevan harus memilah dan memilih situs serta artikel yang berkualitas. namun kalau anda tidak pernah untuk kembali ke jalan seo yang benar maka anda akan terus di hantui oleh algoritma google penguin.

C. Algoritma Google HummingBird

Algoritma google ke tiga adalah hummingbird yang banyak di bincangkan oleh semua pakar seo untuk tahun ini, banyak yang memprediksi kalau algoritma panda fokus pada kualitas konten namun semua itu salah karena algoritma untuk menangani tentang konten berkualitas masih di pegang oleh algoritma panda, dan banyak yang mengatakan kalau algoritma hummingbird di luncurkan untuk memfilter backlink tidak wajar, namun lagi-lagi anggapan ini masih salah karena algoritma penguin masih di update pada akhir tahun 2013. lantas untuk apa sebenarnya algoritma hummingbird?

Algoritma google Hummingbird di luncurkan pada tanggal 26 September 2013, namun sebenarnya perubahan algoritma hummingbird sudah di gunakan pada bulan agustus 2013. saat itu ada perubahan besar pada pencarian seperti yang saya katakan di atas semua pakar seo memprediksi adanya update penguin dan panda pada saat itu, namun semua itu salah, kalau google sudah meluncurkan google hummingbirdTujuan dari algoritma Hummingbird adalah Google lebih memahami permintaan pengguna. Bill Slawski  menjelaskan bahwa ketika seseorang mencari “tempat akan apa yang paling enak di kota nganjuk?”, Hummingbird mampu membedakan bahwa dengan kata “tempat” pengguna mungkin akan tertarik pada hasil pencarian “restoran“. Banyak spekulasi bahwa perubahan ini diperlukan agar pencarian Google Voice menjadi lebih efektif. Poin dan tujuan dari algoritma Hummingbird adalah untuk lebih memahami tentang pencarian pengguna untuk mendapatkan hasil yang baik.

Apa yang harus kita lakukan agar bisa beradaptasi dengan perubahan algoritma hummingbird? tidak lain dan tidak bukan kita harus lebih berfokus pada konten yang hanya disajikan untuk pengalaman pengguna, seperti yang sudah saya katakan diatas kemungkinan besar melalui google voice orang akan lebih suka dari pada harus mengetik dahulu. itulah tujuan dari algoritma google panda, penguin dan hummingbird semua dilakukan untuk pengguna bukan untuk pemilik situs atau ahli seo. semoga artikel ini bisa menjawab anda yang masih bingung tentang algoritma google.

16 Comments

Leave a Reply