Skema Markup Meningkatkan Peringkat Google

Sebagai seorang yang terlibat dalam masalah SEO tentu saja anda pasti mendengar skema markup hal ini tidak asing lagi tentunya, namun apakah anda tahu bahwa skema markup merupakan sekian kecil optimasi seo on-page untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian google? hal ini mungkin anda tidak menyadarinya. karena memang google sendiri tidak menjelaskan untuk apa sebenarnya skema markup. namun berdasarkan analisa beberapa pakar seo bahwa skema markup ini mempunyai nilai yang signifikan untuk hasil pencarian.

Apa itu Skema markup dan Bagaimana cara kerjanya?
Menurut Dan Shewan di WordStream , skema adalah “jenis microdata yang membuat robot crawling lebih mudah untuk mengurai dan menafsirkan informasi pada halaman Website supaya lebih efektif sehingga mereka dapat melayani hasil yang relevan kepada pengguna berdasarkan permintaan pencarian.

Untuk sederhananya skema markup mengambil informasi yang paling penting untuk mesin pencari untuk menemukan informasi yang berada diwebsite tersbut, skema markup sepenuhnya dirancang untuk meningkatkan kemudahan dan efektivitas crawler mesin pencari.

Informasi tambahan tersedia pada Schema.org yang diluncurkan pada tahun 2011 sebagai hasil dari proyek Skema sebuah kolaborasi antara beberapa mesin pencari besar seperti Google, Bing dan Yahoo!. Situs ini membawa Skema markup ke garis depan desain website dengan menyediakan koleksi besar, sebagian besar dipandang sebagai tag html yang dapat digunakan oleh web desainer, pengembang dan pengguna untuk meningkatkan penempatan mesin pencari.

Skema Markup bekerja mirip dengan format markup lain dengan menerapkan microdata konten pada halaman dengan mudah guna mendefinisikan dalam hal html. Hal ini menyajikan data dalam format yang mudah dibaca untuk crawler mesin pencari dan membuat lebih mungkin bahwa informasi yang relevan akan disajikan kepada pencari.
Deskripsi ini sendiri membuat jelas bahwa skema markup merupakan aspek penting dari keberhasilan SEO. Namun, jika Anda masih tidak yakin, berikut ini 3 alasan kuat untuk memasukkan skema markup ke dalam strategi SEO.
Skema Markup untuk Meningkatkan Peringkat Google-buka info
1. Google Menyatakan Skema Markup pada tahun 2012
Seperti yang di katakan oleh kepala tim Webspam Google yaitu matt cuts penempatan skema markup merupakan salah satu optimasi seo yang mempermudah crawling mesin pencari dari website tersebut, dan hal ini juga merupakan upaya index google untuk memperbaiki peringkat website dihalaman google walaupun matt cuts tidak menyebutkan hal ini dalam video webmaster.

2. Kaya Snippets
Snippets merupakan markup data yang terbaru dikembangkan oleh google. yang berkaitan dengan google plus. hal ini adalah seo terbaru untuk memperbaiki website dihasil pencarian. secara tidak langsung hal ini menguntungkan sekali bagi pemilik situs tersebut pasalnya snippets ini selain kaya dengan konten yang relevan dan juga kaya dari potongan description. hal ini juga akan mempengaruhi ke originalitas konten tersebut diciptakan oleh pemilik website. hal ini kenapa skema markup bisa meningkatkan peringkat google.

3. Posisi rata-rata di halaman 4 google
Sebuah studi terbaru oleh Searchmetrics mengungkapkan bahwa sementara kurang dari 1 persen dari situs di internet telah menerapkan skema markup, orang-orang yang telah melakukan optimasi skema markup berada pada peringkat rata-rata 4 posisi halaman di Google.
Penelitian ini selanjutnya menjelaskan bahwa Google menunjukkan hasil untuk situs dengan Skema markup seperti yang disebutkan dalam alasan nomor 2 selama lebih dari 36% dari permintaan kata kunci, sedangkan kata kunci tanpa skema markup ditampilkan lebih jarang.

Semua pernyataan tentang skema markup sudah di rekomendasikan oleh mesin terbesar didunia. oleh karena itu kalau anda belum mengoptimalkan hal ini maka segeralah untuk membenahi website anda. kemungkinan besar ditahun berikutnya seo on-page ini sangat diperhatikan betul-betul oleh mesin pencari. kesimpulannya : semua itu mudah namun mudah bukan berarti gampang untuk melakukan optimasi seo nyatanya masih banyak pemilik website yang masih belum menerapkan hal ini.

3 Comments

  1. klinikmukti

Leave a Reply